Selasa, 17 Januari 2017  

Artikel Pajak

Creative Accounting vs Tax Planning

PajakOnline.com, Rabu 21 Mei 2014

   Cari Artikel Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

 

Standar Akuntansi terbaru yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bersifat ”Principle Base ”. Hal ini berarti Standar akuntansi tidak akan detail mengatur hal-hal khusus pada suatu perusahaan. Perusahaan bahkan diperbolehkan mengeluarkan kebijakan akuntansi yang dianggapnya lebih sesuai dengan karakteristik perusahaan sepanjang tidak melanggar prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (Indonesian GAAP).

Standar Akuntansi terbaru yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) bersifat ”Principle Base ”. Hal ini berarti Standar akuntansi tidak akan detail mengatur hal-hal khusus pada suatu perusahaan. Perusahaan bahkan diperbolehkan mengeluarkan kebijakan akuntansi yang dianggapnya lebih sesuai dengan karakteristik perusahaan sepanjang tidak melanggar prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum (Indonesian GAAP). Fleksibilitas tersebut dapat dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan untuk melakukan crative accounting. Creative accounting sering dikonotasikan dengan manipulasi laporan keuangan yang pernah dilakukan beberapa perusahaan di amerika seperti Enron dan Xerox, atau perusahaan go public lainnya di Indonesia.

Agar kita dapat memahami konsep dasar dan cara-cara melakukan creative accounting dan tax planning dengan tanpa melanggar peraturan perpajakan dan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku di Indonesia, ikuti seminarnya yang akan diadakan oleh PajakOnline.com pada tanggal 26 Juni 2014 di Hotel Horison Bekasi. Informasi lebih lanjut klik disini.

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 5300 kali ›

Pencarian Artikel Pajak
Kata Kunci :