Rabu, 28 Juni 2017  

Berita Pajak

Chatib Basri Minta Pegawai Pajak Kreatif dan Inovatif

detik.com, Selasa 17 Juni 2014

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

Jakarta -Penerimaan pajak selama ini masih bergantung kepada komoditas dari sektor pertambangan dan perkebunan. Menteri Keuangan Chatib Basri menilai, bila ini terus terjadi maka penerimaan pajak akan terus meleset dari target."Tidak mungkin kita terkonsentrasi pada sektor tradisional.

Karena bila harga tambang mengalami penurunan, maka penerimaan pajak juga akan terus turun," ungkap Chatib saat melantik pejabat Eselon II Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai, di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Selasa (17/6/2014)

Penurunan harga komoditas sudah terlihat dalam tiga tahun terakhir. Seiring dengan masih terkoreksinya pertumbuhan ekonomi dunia. Kemudian satu tahun kebelakang, ekonomi domestik juga ikut melambat.

Untuk itu, harus ada upaya ekstensifikasi. Terutama terhadap sektor-sektor yang mampu tetap tumbuh, meskipun ekonomi melambat. Seperti sektor properti, keuangan, transportasi, dan komunikasi serta jasa-jasa lainnya.

"Betul pertumbuhan kita melambat, tapi ada sektor yang pertumbuhannya cukup tinggi. Seperti sektor properti, jasa, tansportasi, dan komunikasi. Sektor ini walaupun sudah digarap tapi tidak optimal," jelasnya.

Jika itu tak dilakukan, maka Chatib pesimistis pada tahun-tahun mendatang penerimaan negara akan mencapai target APBN. Apalagi beban negara pun dikhawatirkan akan terus meningkat mengikuti pertumbuhan.

"Tanpa itu saya tidak yakin, target pajak itu terpenuhi," tegasnya.

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 12623 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :