Rabu, 26 April 2017  

Berita Pajak

Perusahaan Tambang Siap Jalankan PMK No 213/2016

Harian Kontan, Selasa 10 Januari 2017

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

Perusahaan Tambang Siap Jalankan PMK No 213/2016 JAKARTA. Perusahaan-perusahaan pertambangan batubara siap menjalankan perintah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 213/PMK.03/2016. Aturan ini meminta perusahaan yang memiliki afiliasi baik di dalam maupun di luar negeri melaporkan kegiatan bisnisnya secara rinci.

Ini agar dugaan transfer pricing untuk menghindari pajak tidak terjadi.

Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Adib Ubaidillah menegaskan, pihaknya siap menerapkan aturan tersebut. Sayang Adib enggan menjelaskan langkah yang ditempuh perseroan ini dalam melaksanakan peraturan perpajakan itu. "PTBA akan comply terhadap aturan ini," imbuh Adib ke KONTAN, Senin (9/1).

Sekretaris Perusahaan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Trenggono Sutioso menyatakan, pihaknya masih mempelajari PMK. "Sedang kami pelajari implikasi PMK dimaksud dalam kaitan kerjasama Antam dan afiliasinya. Tapi terkait transaksi dengan afiliasi seperti setoran modal dan pinjaman antara Antam dengan afiliasi telah tunduk pada aturan Otoritas Jasa Keuangan," ungkapnya.

Head of Corporate Communication PT Adaro Energy Tbk Febrianti Nadira bilang, Adaro sebagai perusahaan grup selama ini telah menerapkan harga wajar dan melakukan dokumentasi atas semua transaksi antar perusahaan afiliasi. Untuk itu Adaro siap menerapkan aturan tersebut. "Dengan berlakukan PMK No 213/PMK.03/2016 ini, maka Adaro sebagai wajib pajak perlu melengkapi beberapa dokumentasi tambahan yang disyaratkan," paparnya.

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 45 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :