Jumat, 14 Desember 2018  

Berita Pajak

SPT Peserta Amnesti Pajak Mulai Dikulik

Harian Kontan, Jumat 11 Mei 2018

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

SPT Peserta Amnesti Pajak Mulai Dikulik JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengaku akan segera melakukan pemeriksaan terhadap Wajib Pajak (WP) yang sudah ikut amnesti pajak. Pemeriksaan terutama dilakukan pada Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak tahun 2016 dan 2017.Dengan langkah itu,

diharapkan target penerimaan negara dari penindakan dan pemeriksaan tahun ini sebesar Rp 50 triliun bisa tercapai i. Nilai ini naik dari target tahun sebelumnya Rp 45 triliun.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Perencanaan Pemeriksaan Ditjen Pajak Tunjung Nugroho mengatakan, pada tahun ini pemeriksaan yang dilakukan Ditjen Pajak tidak tertutup bagi WP yang sudah ikut amnesti pajak. Sebab, SPT tahun 2016 dan 2017 peserta amnesti pajak, sudah berlaku ketentuan normal.

"Sekarang sasaran kami yang tidak patuh. Intinya bisa dua-duanya (peserta amnesti pajak atau non-peserta amnesti pajak). Kalau tahun 2016 dan 2017 tidak patuh, boleh-boleh saja dicek SPT mereka," kata Tunjung, Rabu (9/5).

Tunjung bilang, peserta amnesti pajak yang dijamin untuk tidak diperiksa adalah sampai Desember 2015 dan sebelumnya. Sementara untuk tahun 2016 ke depan, kepatuhan WP tersebut akan dipantau lewat SPT Tahunan.

"Untuk tahun 2016 ke depan normal menurut UU Perpajakan. Bedanya, tahun 2015 ke bawah ini tidak bisa diperiksa, tapi hartanya bisa kami periksa bila ada data pendukung," jelasnya.

Meski begitu, Tunjung menyatakan, terkait pemeriksaan harta, Ditjen Pajak akan lebih fokus ke WP yang non-peserta amnesti pajak. Untuk itu, masyarakat diimbau memaksimalkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 165 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pengampunan pajak.

Beleid itu memberi kesempatan bagi WP yang tidak ikut amnesti pajak dan peserta amnesti pajak yang belum melaporkan seluruh hartanya untuk melaporkan sendiri hartanya, tanpa kena sanksi.

Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak Angin Prayitno Aji sebelumnya bilang, WP yang sedang diperiksa masih diberikan kesempatan untuk mengungkap ketidakbenaran pengisian SPT.

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 91 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :