Jumat, 20 September 2019  

Berita Pajak

12.000 WP Diharuskan Terapkan Sistem Online

Harian Bisnis Indonesia, Selasa 10 September 2019

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

12.000 WP Diharuskan Terapkan Sistem Online Bisnis, JAKARTA — Badan Pajak dan Retrebusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menargetkan, 12.000 wajib pajak (WP) yang masuk kategori hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir yang ada di ibu kota terintegrasi sistem pelaporan online.Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syafruddin mengatakan,

target tersebut diterapkan agar besaran pajak yang dilaporkan oleh WP dapat diakses secara aktual dan faktual.

“Sistem online diterapkan agar BPRD DKI bisa langsung memantau pajak yang dipotong dari konsumen sehingga semuanya transparan,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (9/9).

Seperti diketahui, Pemprov DKI sedang menggodok sistem bernama TAX Online Sistem of Jakarta (Toska). Program tersebut merupakan kerja sama antara BPRD dan Bank DKI.

Dia menjelaskan, sistem pelaporan pajak online yang diterapkan berupa program atau software yang sudah diinstal ke dalam lomputer pembayaran WP hotel, hiburan, tempat rekreasi, dan parkir yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Nantinya, software tersebut terkoneksi dengan sistem pelayanan di semua kantor BPRD DKI Jakarta. Hasilnya, petugas pajak di masing-masing wilayah dapat mengakses pajak yang telah disetor.

“Kami menargetkan sekitar 12.000 WP sudah terkoneksi dengan sistem pelaporan online hingga akhir tahun ini,” jelasnya.

Bukan itu saja, Faisal mengaskan, jika ada WP restoran, hiburan, hotel dan parkir yang menolak menerapkan sistem pelaporan pajak online maka akan mendapat sanksi tegas.

Pasalnya, peneraapan sistem tersebut merupakan bagian dari program BPRD DKI untuk mencapai target pajak sebesar Rp44,1 triliun.

“Sanksi tegas bagi WP yang menolak [sistem pelaporan pajak online] izin usaha akan dicabut,” ucapnya.

Kasudin BPRD Jakarta Barat Hendarto menambahkan pihaknya menargetkan sebanyak 834 WP akan online sistem pelaporan pajak hingga akhir 2019.

“Sebelumnya, sebanyak 998 WP restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir juga telah menerapkan sistem online ,” jelasnya.

Berdasarkan data BPRD DKI, penerimaan paja restoran hingga saat ini sudah mencapai Rp2 triliun dari total target Rp3,5 triliun. BPRD DKI juga telah membukukan penerimaan dari pajak hotel sebesar Rp885 miliar dari total target sebesar Rp1,8 triliun.

Selain bermanfaat sebagai optimalisasi pendapatan asli daerah, keberadaan sistem online juga bermanfaat untuk WP.

Apalagi, pemprov berencana menggratiskan biaya instalasi sistem atau peminjaman alat perekam beserta jaringannya bagi WP yang masih menggunakan offline system.

WP bisa memonitor data transaksi usaha kapan saja dan di mana saja.

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 27 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :