Selasa, 12 Nopember 2019  

Klinik Pajak

Form SPT PPh Orang Pribadi yang sesuai dengan saya??

Kamis 15 Januari 2009

   Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  
Pertanyaan :

Saya bekerja di perusahaan X sebagai Direktur (tdk ada direktur utama) dan sy jg sebagai pemegang saham mayoritas ( Total 2 pemegang saham) di perusahan tersebut. Istri sy bekerja diperusahaan lain dan memiliki NPWP sendiri dan melaporkan pajaknya jg sendiri.

 

Nah Form SPT PPh Orang Pribadi 1770 bermacam-macam diantaranya ada S, SS.

Saya bingung yg mana form pph1770 tepat u/ sy.

Terimakasih


MIELO, 15 Januari 2009


Jawaban :

Bp Mielo, terkait dengan kebingungan anda tentang Form mana yang harus anda pakai beriku kami jelaskan jenis Form-form tersebut:

A. FORMULIR 1770 SS
Sesuai Peraturan Dirjen Pajak No PER-8/PJ./2008:
  1. Formulir 1770 SS adalah formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang harus digunakan oleh WPOP  sebagai karyawan swasta maupun PNS yang bekerja pada satu pemberi kerja saja dan penghasilan brutonya dari pekerjaan itu setahun tidak lebih dari Rp.48 juta dan boleh mempunyai penghasilan dalam negeri lainnya sepanjang itu hanya berupa bunga bank dan bunga koperasi yang telah dikenai PPh Final
 
  1. Syarat lainnya boleh menggunakan Formulir 1770 SS adalah:
    1. Atas penghasilan dari pekerjaan itu, Pemberi Kerja melakukan pemotongan PPh Pasal 21 dengan bukti pemotongan PPh Pasal 21 dengan memakai Form 1721-A1 atau 1721-A2. 
      Tidak boleh memakai Bukti Pemotongan Form F.1.133.01 yang biasa dipakai untuk pemotongan penghasilan terhadap pegawai lepas, tidak tetap atau pembayaran honorarium
    2. Isteri atau Tanggungan WPOP itu tidak mempunyai penghasilan. Kecuali penghasilan berupa berupa bunga bank dan bunga koperasi yang telah dikenai PPh Final
    3. WPOP itu tidak akan mengklaim pembayaran Zakat sebagai pengurang penghasilan bruto sesuai diatur dalam Keputusan DJP No. 163/PJ./2003
   
   
   
 
B. FORMULIR 1770 S

Sesuai Peraturan DJP No Per-81/PJ./2007:

  1. Formulir 1770 S adalah formulir SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang harus digunakan oleh WPOP – (termasuk Isteri dan Tangungannya) yang tidak mempunyai penghasilan dari usaha/pekerjaan bebas, tetapi mempunyai penghasilan dari:
    1. Pekerjaan pada satu atau lebih pemberi kerja, dan/atau
    2. Penghasilan neto dalam negeri lainnya, dan/atau
    3. Penghasilan neto luar negeri lainnya, dan/atau
    4. Penghasilan neto dalam negeri lainnya yang dikenai PPh Final, dan/atau
    5. Penghasilan lainnya yang tidak dikenai Pajak Penghasilan.
 
 

Atas kasus saudara dapat kami simpulkan bahwa:

Form yang anda gunakan adalah 1770 dikarenakan status anda sebagai Direktur menurut kami Penghasilan Bruto yang anda peroleh lebih dari 48 juta setahun.


Demikian , semoga membantu dan memberikan pencerahan

 

Team Klinik Pajak.com

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 6401 kali ›
Komentar


Jadilah Yang Pertama Berkomentar
Redaksi PajakOnline.com menerima komentar anda
Isi komentar di luar tanggung jawab redaksi
Redaksi berhak untuk mengedit atau tidak menayangkan komentar yang tidak sesuai dengan isi/topik berita terkait, ataupun yang bersifat spam/junk, polemik SARA, fitnah, hasutan dan/atau yang dirasa akan dapat merugikan kredibilitas orang/pihak/institusi tertentu.
Jika diperlukan proses edit, maka akan dilakukan oleh redaksi tanpa mengubah arti/tujuan komentar yang bersangkutan.