limut
30 Januari 2009
pusing.. tarifnya ganti2 mulu..
bayar pajak makin gede tp ga ad perubahan yang berarti..
cabee dee..
Andri
10 Februari 2009
qt selalu bayar pajak tertama PPh 21 tapi timbalbalik k qt nya msh belum bisa qt rasakan bagaimana ini? & apa keuntungan qt membayar pajak?
dani
12 April 2009
tolong dihitungkan pajak dg penghasilan 5 juta/bln, istri, 1 anak. Terima kasih.
nina
5 Juni 2009
aq msh br soal pajak. wkt bc soal pajak, tambah bingung. bisa g dibuat lebih simpel n dksh contoh sekalian. thx
rini
6 Agustus 2009
tolong donk kasih tau tata cara pengisian pph 21 yg terbaru.thx
aku
12 Oktober 2009
Au ah gelap..........
Buyung
14 Oktober 2009
bagaimana untuk tarif atas pesangon ?

tq
EcQa
5 Nopember 2009
Binun...!!
Tarif Berubah Trus..!!!!!!!!
dinda
1 Desember 2009
Duuuuuh tarif ganti mulu, ta g da perubahan..
Apa kata DUNIa?????
Ogut
3 Desember 2009
Mestinya yg pungut pajak tahu diri, masak ngga kerja minta pungutan sampai 25% segala dari total penghasilan. Zakat yg ditentukan oleh Allah SWT saja cuman 2.5%. Apa ngga ngerompak tuh... eeeh salah ngerampok maksdunya...
pocker
24 Desember 2009
hsl pjk yg di dpt harusnya utk rakyat bukan utk pejabat yg mkn uang rakyat......ingat dosa dong.....!!!
Lia
27 Maret 2010
aku baru buat NPWP nii. abis bt NPWP harus ngapain lg yaa?
upah aku d bwh PTKP harus tetep byr ya? atau cuma lapor aja? tapi gmn cara na ya?
Thx
roy
27 Mei 2010
Bgn cara menghitung/memotong PPh 21 utk pekerja lepas/harian yg honornya tidak lebih dari PTKP?
dan yg honornya lebih dari PTKP (apa dengan dikurangi terlebih dahulu dgn PKP)?

trims
labu reload
4 Agustus 2010
No. 4 diatas , kok gak ada tarif untuk penghasilan pesangon antara diatas 25jt sd 50 jt??? apa bebas pph final juga??
yuli basuki
20 September 2010
Sya mnta UUD atas dasar PPH 21 atas THR.....bisakah?
lia
29 Oktober 2010
tlng mslah pjak dibuat simpel n lbh jelas....tq
JONNY
10 Desember 2010
jika ada seorang karyawan berpenghasilan dibawah ptkp dengan status tk/0. apakah dipotong pph psl 21 nya? dan berapa ptkp utuk saat ini?
thanks
Sumirah
15 Desember 2010
tlg buatkan cara menghitung pph psl 21, PTKP & PKP, dari seorg Direktur dgn gaji 3 jt/bln, status menikah dgn 4 org anak, tunjangan jabatan 450 rb/bln, tunjangan transport 300 rb/bln
rhizal
26 Januari 2011
bagaimana cara menhitng ppn dan pph untuk perusahaan ? tlg jwab.....dan berapa persen ptngannya?
icha
7 Februari 2011
bagaimana cara menghitung PPH psl 21 untuk pengusaha (dirut) yg penghasilan bruto perusahaannya kurang dari Rp 25.000.000,-
anton
10 Februari 2011
bagaimana cara menghitung pph21 untuk pekerja lajang / berkeluarga (ptt) dengan penghasilan bruto setiap bulan 3jt rupiah.trims
chientha
11 Maret 2011
setuujuuu!!!!!!!!!!!
dri dlu smpeg skrag gag da yang bsa dinikmti dri mmbyr pjak. srna n prsrana pun jga sebgian gag lyak. truz uang.x kmna?????????
wong_edan
23 Maret 2011
apa-apaan nih pajak tinggi begini nilainya, udah tiap hari beli2 apa2 kena pajak, penghasilan dipajakin lebih dari 10%, tapi ga dapat apa-apa.
dancok koen !!
jiemie
24 Maret 2011
ribet,,,,tlg yamg singkat padat jelas
trie
25 Maret 2011
my coment :
untuk tarif pph pasal 21,pribadi,n badan tiap tahun brubah ya?
pusink saya tarifnya ganti-ganti trus.....thkz!!!!
i'm waiting for your answer....okey.
Gayus
1 April 2011
Pajak menghisap uang rakyat, gak ubahnya seperti lintah / rentenir (mending kalau sampai utuh untuk pembangungan)
away
22 Juni 2011
gaji di potong pph 21 ...... sy tanya uangnya utk apa? katanya utk orang kismin dan infrastruktur !! mana jalan aspl nya dah rontok, cornya bolong-bolong kok didiemin aja sedangkan pph 21 jalan trus tiap bulannya ??? apa kata dunia cooooyyy.....!!!!
away
22 Juni 2011
gaji di potong pph 21 ...... sy tanya uangnya utk apa? katanya utk orang kismin dan infrastruktur !! mana jalan aspl nya dah rontok, cornya bolong-bolong kok didiemin aja sedangkan pph 21 jalan trus tiap bulannya ??? apa kata dunia cooooyyy.....!!!!
Devinta Nanda Liberty
23 Juli 2011
baru belajar pajak nih, g bs kuliah tp mau tau cara ngitungnya.
soalnya si bos se enak udel nya mindah aku di bagian pajak. background perbankan koq njd pajak.... duuuuuuh
Jag
11 September 2011
aku bayar pajak 25 juta perbulan mana timbal baliknya dari Perpajakan???
asoi
4 Oktober 2011
ancok semua
mangcuy
13 Nopember 2011
ya liat ajah definisi pajak itu sendiri.
narik pulus dari rakyatnya juga dipaksakan,gimana mo bermanfaat,yang ada malah dapat laknat dari rakyat
revirman
19 Desember 2011
dari dulu gw sekolah ga ada pelajaran pajak,dasarnya pun gw ga tau.
sekarang gw kuliah malah ngmbil jurusan pajak.
ah ribeet,tp gw pngn bisa gimana yah caranya
Joni
26 Januari 2012
jangankan bayar pajak.... ngitung pajak yg bener kaya ngapa juga blum bnyak yg bisa...

gmn orang2 gak kena tuduh korupsi pajak tu?
saida said
8 Februari 2012
MENGHTG PJK DIRI SENDIRI AJA BINGUNG PA LG BLJR HITNG PJK ORANG LAIN ,+ BINGUNG DEH,TLG DONG KSI CONTOH YG SIMPEL AJA.......THANKYU
soleh
2 Mei 2012
mita pormulasi buat ngitung pajak daerah sama retribusi daerah dong,,,,,
Sulaeman Ginting
16 Mei 2012
mohon dihitung pajak pph 21 dengan anak 1 dan rincian sebagai berikut:
Gaji pokok Rp 1.550.000
Lemburan Rp 3.750.000
Uang hadir Rp 500.000
Total Rp 5.800.000
Sulaeman Ginting
16 Mei 2012
mohon dihitung pajak pph 21 dengan anak 1 dan rincian sebagai berikut:
Gaji pokok Rp 1.550.000
Lemburan Rp 3.750.000
Uang hadir Rp 500.000
Total Rp 5.800.000
nyimas fatimah
12 Agustus 2012
mintanya contoh perhitungan pph yang sederhana aja buat transfer ilmu sama siswa saya. Karena paraturan da ganti beda dg yg sdh lalu.
welehweleh
6 Maret 2013
aq jg tak bs cara ngitung pajak. Sabar aja deh sdr/sdri, klo mmg di bohongin .. anggap aja itu sbg tabungan kita di akhirat.
Dedy
12 Maret 2013
ahh... gw ga prcaya sama yg namanya perpajakan. tiap bulan gaji di kenakan PPh 21. klo potongannya sdikit sich gpp, pph21 gw gede bngt Brooo..." dikemanain tuch duitnyaaaa...??? menururt gw gak wajarrr bngttt...
roy aprianto s
30 Maret 2013
cara penghitungan pph karyawan,tlg dibantu dong,
enny
2 September 2013
Ada Cara Mudah Dan Praktis seprti Formulad i excel untuk menghitunh pph 21 karyawan sebanyak 700 orang...Please Bantu
dp
7 Nopember 2013
mbak enny, formula excel untuk menghitung PPh21 bisa kita buat sendiri kok, asal kita tahu tarif2 dan cara penghitungannya :)
DEVI
30 Mei 2014
gimana cara hitung PPH21 jika gaji nya sebesar Rp 3.408.470 dipotong jamsostek 37.500

trimakasih
taufiq
17 September 2014
mau tanya ne....
Bagiamana perhitungan pph pribadi jika di pertengahan tahun berjalan ada kenaikan gaji,?

Ada yang bisa bantu kasih contoh perhitungannya?
marno
2 Oktober 2014
bagaimana contoh perhitungan PPH 21 bagi mereka yang menerima fee jasa kerja perbulan????
uban
2 Juli 2017
saya belum punya npwp karena penghasilan saya 8 tahun terakhir hanya sebagai freelance & upah yg diterima gak lebih dari tiga juta, mau bikin npwp malah takut jd bumerang, ditanya inilah-itulah, padahal setiap belanja ke mini market selalu ada keterangan PPN, kebayang dalam sehari satu mini market ada berapa transaksi? masih mau narik pajak ke penghasilan individu? ujung-ujungnya saya punya hutang ke pemerintah neeh kalau sampai bikin npwp
Raymond Ben Hur
14 Februari 2018
baagaimana cara mengecek SPT tahunan utk tahun 2017