Adi Surya
28 Mei 2009
Selamat dan sukses kpd Dipenda dgn pajak online, namun dlam praktek semua surat ( stnk, bpkb dan ktp )harus ada dan asli, kalau itu penelitian ulang saya dpt mengerti tapi pengesahan mosok harus semua ada dan asli. perlu pertimbangan dan diperhatikan, trim's
ervan anwar
26 Oktober 2009
bgm trik agar masyarakat sadar membayar PKB...? PKB mrp sumber pembiayaan pembangunan daerah yg sangat dominan (PAD), tp tunggakan msh sangat tinggi, solusinya gmn yah..,tks
muara
26 Oktober 2009
Tarif PKB SANGAT MAHAL di indonesia dibandingkan dengan pendapatan penduduknya . Sementara itu jalan banyak yang berlobang-lobang, lampu stop banyak yang mati, tidak ada pelebaran jalan, dll, dll. Dikemanakan tuh iuran PKB yang disetor masyarakat????
TUAQSAM
24 Desember 2009
banyak pungutan diluar pajak resmi gimana nih pak pol.....??
julianti aries
30 Desember 2009
Semoga lebih maju dan berkembang aja, buat pajak online.
dede
9 April 2010
mau nannya ni pak...
gimana sih caranya cek pajak online?
abc
17 Mei 2010
oi om katanya mo belajar pajak tp itu link di atas pada ga bisa dibuka smua..."apa kata dunia"??

contoh link : http://pajakonline.com/engine/learning/maos.php?opt=peraturan&nomor=PERDA_4_2003

tu om link di atas not found
sovie
1 September 2010
Bpk/ibu yang terhormat, saya ingin menyakan satu hal berkaitan dengan kendaraan pribadi saya. BMW 530 '94, saya membeli dengan harga 28 juta, dibawah harga pasaran yang sekitar 40-50 juta. Namun mengapa setelah harga pasaran yang tidak mahal tersebut, mobil ini memiliki pajak kendaraan yang cukup mahal (2.5 juta). Saya rasa kurang relevan dengan perda no 4 thn 2003. mhn tanggapan dari bpk/ibu yang terhormat. Terimakasih.
I'am Sagiant
9 Desember 2010
wadouh... hari gini gk byar PKB..!! apa kta dipenda...
Hamzah
13 April 2011
Pajak itu haram bro.. Pemungut pajak itu tempatnya di Neraka. Bukan kata saya. Tapi begitulah Nabi SAW berkata dalam haditsnya.

Bagi pemungut pajak, segeralah alih profesi atau selamat menikmati api.
retno triharyanti
2 Juni 2011
bagaimana kalau pajak kendaraan bermotor roda dua yang sudah tidak membayar pajak selama 4 tahun,dikarenakan sangsi lalai atau karena belum ada biaya untuk membayar kewajiban.tolong infonya.terima kasih
usi
7 Juli 2011
selama ada BPKB asli, bayar pajak nggak usah pakek KTP, buktinya ada yang nggak bawa KTP nembak juga bisa, dari pada membuka ruang pungli mbok ya nggak usah ada aturan harus bawa KTP, maklum kita beli kendaraan bisanya ya bekas dan blm bisa bayar BBN dan Mutasi..........
Aris Samsudin
26 Juli 2011
Salam, Pak bisakan jika saya ingin jadi biro jasa pembayaran PKB online, kl bisa gmn caranya, makasih
Rizky
28 Juli 2011
Kalo saya punya Usul bgni, bagus ada pembayaran pajak online untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bagi yang sibuk dan dapat meningkatkan kesadaran membayar pajak karena udah ga ribet lagi membayarnya yang saya inginkan seharusnya cukup membawa BPKB Asli dan STNK saja untuk pengesahan di samsat terdekat ga perlu bawa KTP asli dg nama dan alamat yg sama dg bpkb dan stnk. Pemerintah harusnya memberikan kemudahan untuk hal ini, karena dengan kemudahan2 ini dapat meningkatkan kesadaran dalam membayar PKB yang otomatis akan meningkat penerimaan hasil pajak...atau kalau tidak di permudah dan diperingan biaya balik nama apabila perlu di gratiskan biaya balik nama tersebut, dengan demikian dapat mencegah kegiatan pungli yang merugikan rakyat. Dengan ini mudah2an pemerintah dapat memperhatikan Kami rakyat kecil yang ingin punya kendaraan
mukhamad
7 Agustus 2011
kalo perpanjang STNK,di outlet samsat dengan samsat yang di kantor sama ga biayanya?
RIZKI
15 September 2011
slm, maaf ya pak/bu sampai sekarang penghasilan saya belum nyampe untuk bayar pajak, sy rumah ngontrak, kerja TU, ada solusi ga kaya di aturan Islam; orang yang ga mampu tapi butuh bukannya dipungut tp justru diberi
mohamad hoji
24 Oktober 2011
pa bayar pajak berplat noor bandung.bisa dibayar di tegal secara online.
julio griffin
1 Februari 2012
selamat atas di luncur kan nya pajak kendaraan bermotor secara ONLINE,saya sangat setuju sekali pajak kendaraan bermotor ONLINE,kerna di daerah kami lampung tengah perpajakan kendaraan ribet sekali yg ujung2 nya hanya dwit coba klo perpajakan kendaraan bermotor secara ONLINE ada di setip bank atau sektor mungkin wajib pajak akan meningkat 90%,orang malas pajak karena urusan nya ribet bukan nya di per mudah, demikian keluhan kami,trimakasih
emokids17@gmail.com
1 April 2012
Pemerintah sekarang gembar gembor suruh bayar pajak tapi mana duitnya yang katanya untuk membangun negara.jalan raya kebumen aja kaya kolam lele,lampu bangjo kaya lampu diskotik (kedip2 cuma kuning,ijo n merah mati)
HERI
4 April 2012
Gerah Juga sih Lihat Ulah Para Pelayan di Kantor SAMSAT Kota Serang,
Ceritanya Begini :
Saya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus Pajak STNK Mobil Kantor. Karena Mobil ada 6 buah, maka saya termasuk sering juga mengurus Pajak STNK nya.
Tapi yang saya jengkel adalah, ulah dari Kasir, yang boleh dikatakan korupsi kecil-kecilan tapi hasilnya lumayan.
Untuk 1 mobil, Total pembayaran Pajak STNK Mobil Kantor adalah Rp.2.045.500,-
Tapi setiap kali diminta selalu pembulatan ke atas menjadi 2.050.000,-
Selisih Rp. 500,- tidak pernah dikembalikan.
Kalau saya coba dihitung-hitung sederhana,
dari 1 Wajib Pajak, di dapat Rp. 500,- Bila dalam satu hari ada 100 wajib pajak berarti 100xRp. 500,- = Rp. 50.000,- per hari Dalam satu minggu ada 7 hari, berarti Rp. 50.000,- x 7 = Rp. 350.000,-/ minggu dan dalam 1 bulan adalah 4 minggu x Rp. 350.000,- = Rp. 1.400.000,-
Wah, lumayan juga penghasilan per bulan Kasir itu yah...
Tapi sepertinya, pihak SAMSAT tidak pernah mau melihat celah Korupsi Kecil-Kecilan ini. Karena sampai hari ini, kondisinya masih seperti itu....?!?!?!? Mhhh...jangan-jangan......ada pembagian komisi nih..?!?!!?
HERI
4 April 2012
HERI
4 April 2012
Gerah Juga sih Lihat Ulah Para Pelayan di Kantor SAMSAT Kota Serang,
Ceritanya Begini :
Saya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus Pajak STNK Mobil Kantor. Karena Mobil ada 6 buah, maka saya termasuk sering juga mengurus Pajak STNK nya.
Tapi yang saya jengkel adalah, ulah dari Kasir, yang boleh dikatakan korupsi kecil-kecilan tapi hasilnya lumayan.
Untuk 1 mobil, Total pembayaran Pajak STNK Mobil Kantor adalah Rp.2.049.500,-
Tapi setiap kali diminta selalu pembulatan ke atas menjadi 2.050.000,-
Selisih Rp. 500,- tidak pernah dikembalikan.
Kalau saya coba dihitung-hitung sederhana,
dari 1 Wajib Pajak, di dapat Rp. 500,- Bila dalam satu hari ada 100 wajib pajak berarti 100xRp. 500,- = Rp. 50.000,- per hari Dalam satu minggu ada 7 hari, berarti Rp. 50.000,- x 7 = Rp. 350.000,-/ minggu dan dalam 1 bulan adalah 4 minggu x Rp. 350.000,- = Rp. 1.400.000,-
Wah, lumayan juga penghasilan per bulan Kasir itu yah...
Tapi sepertinya, pihak SAMSAT tidak pernah mau melihat celah Korupsi Kecil-Kecilan ini. Karena sampai hari ini, kondisinya masih seperti itu....?!?!?!? Mhhh...jangan-jangan......ada pembagian komisi nih..?!?!!?
HERI
4 April 2012
HERI
4 April 2012
Gerah Juga sih Lihat Ulah Para Pelayan di Kantor SAMSAT Kota Serang,
Ceritanya Begini :
Saya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus Pajak STNK Mobil Kantor. Karena Mobil ada 6 buah, maka saya termasuk sering juga mengurus Pajak STNK nya.
Tapi yang saya jengkel adalah, ulah dari Kasir, yang boleh dikatakan korupsi kecil-kecilan tapi hasilnya lumayan.
Untuk 1 mobil, Total pembayaran Pajak STNK Mobil Kantor adalah Rp.2.049.500,-
Tapi setiap kali diminta selalu pembulatan ke atas menjadi 2.050.000,-
Selisih Rp. 500,- tidak pernah dikembalikan.
Kalau saya coba dihitung-hitung sederhana,
dari 1 Wajib Pajak, di dapat Rp. 500,- Bila dalam satu hari ada 100 wajib pajak berarti 100xRp. 500,- = Rp. 50.000,- per hari Dalam satu minggu ada 7 hari, berarti Rp. 50.000,- x 7 = Rp. 350.000,-/ minggu dan dalam 1 bulan adalah 4 minggu x Rp. 350.000,- = Rp. 1.400.000,-
Wah, lumayan juga penghasilan per bulan Kasir itu yah...
Tapi sepertinya, pihak SAMSAT tidak pernah mau melihat celah Korupsi Kecil-Kecilan ini. Karena sampai hari ini, kondisinya masih seperti itu....?!?!?!? Mhhh...jangan-jangan......ada pembagian komisi nih..?!?!!?
HERI
4 April 2012
HERI
4 April 2012
Gerah Juga sih Lihat Ulah Para Pelayan di Kantor SAMSAT Kota Serang,
Ceritanya Begini :
Saya adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurus Pajak STNK Mobil Kantor. Karena Mobil ada 6 buah, maka saya termasuk sering juga mengurus Pajak STNK nya.
Tapi yang saya jengkel adalah, ulah dari Kasir, yang boleh dikatakan korupsi kecil-kecilan tapi hasilnya lumayan.
Untuk 1 mobil, Total pembayaran Pajak STNK Mobil Kantor adalah Rp.2.049.500,-
Tapi setiap kali diminta selalu pembulatan ke atas menjadi 2.050.000,-
Selisih Rp. 500,- tidak pernah dikembalikan.
Kalau saya coba dihitung-hitung sederhana,
dari 1 Wajib Pajak, di dapat Rp. 500,- Bila dalam satu hari ada 100 wajib pajak berarti 100xRp. 500,- = Rp. 50.000,- per hari Dalam satu minggu ada 7 hari, berarti Rp. 50.000,- x 7 = Rp. 350.000,-/ minggu dan dalam 1 bulan adalah 4 minggu x Rp. 350.000,- = Rp. 1.400.000,-
Wah, lumayan juga penghasilan per bulan Kasir itu yah...
Tapi sepertinya, pihak SAMSAT tidak pernah mau melihat celah Korupsi Kecil-Kecilan ini. Karena sampai hari ini, kondisinya masih seperti itu....?!?!?!? Mhhh...jangan-jangan......ada pembagian komisi nih..?!?!!?
dedi
7 Mei 2012
saya punya motor c70 tahun 1976.kalo harga pajaknya berapa ?. Sedangkan pajaknya telat 7 thn.
Aris
15 Agustus 2013
Bagaimananya negara kita nii,, apa tak ada lg yg hrus kta byar dngan. Aslinya hrus mngeluarkan dua kli lipat,, kpada yg membaca trutama. Yg ada kaitanya dengan perpajakan,, sya todepoint aja nii.. Nama aris, alamat. Sosorgadong,, tlong lAh dulu dlihat kantor samsat yang ada di Barus,, alasan saya berkomentar,, karna pembayaran pajak kenderaan yg kami bayar langsung dua kli lipat dari tertera yang ada di buku STNk.. Misal 192,300.. Maka yang hrus kami bayar adalah,, 315000,, nii kan tak adil lagi.. Maka kami skarang malas utuk bayar pajak.. Jdi tolong kepada semua pihak jangan kita slahkAn masyarakat,, akan ttapi bagaimana di dalamnya.
Aris
15 Agustus 2013
Bagaimananya negara kita nii,, apa tak ada lg yg hrus kta byar dngan. Aslinya hrus mngeluarkan dua kli lipat,, kpada yg membaca trutama. Yg ada kaitanya dengan perpajakan,, sya todepoint aja nii.. Nama aris, alamat. Sosorgadong,, tlong lAh dulu dlihat kantor samsat yang ada di Barus,, alasan saya berkomentar,, karna pembayaran pajak kenderaan yg kami bayar langsung dua kli lipat dari tertera yang ada di buku STNk.. Misal 192,300.. Maka yang hrus kami bayar adalah,, 315000,, nii kan tak adil lagi.. Maka kami skarang malas utuk bayar pajak.. Jdi tolong kepada semua pihak jangan kita slahkAn masyarakat,, akan ttapi bagaimana di dalamnya.
Aris
15 Agustus 2013
Bagaimananya negara kita nii,, apa tak ada lg yg hrus kta byar dngan. Aslinya hrus mngeluarkan dua kli lipat,, kpada yg membaca trutama. Yg ada kaitanya dengan perpajakan,, sya todepoint aja nii.. Nama aris, alamat. Sosorgadong,, tlong lAh dulu dlihat kantor samsat yang ada di Barus,, alasan saya berkomentar,, karna pembayaran pajak kenderaan yg kami bayar langsung dua kli lipat dari tertera yang ada di buku STNk.. Misal 192,300.. Maka yang hrus kami bayar adalah,, 315000,, nii kan tak adil lagi.. Maka kami skarang malas utuk bayar pajak.. Jdi tolong kepada semua pihak jangan kita slahkAn masyarakat,, akan ttapi bagaimana di dalamnya.
VHANDONK
22 Januari 2014
KALU SESUAI YG TERTERA DI PERDA DAN UU MANTAP. TAPI KENYATAANNYA TERBALIK 180 DERAJAT.... DI PINTU MASUK SAMASAT MENGATAKAN HATIT-HATI CALO TAPI NYATANYA PENTUGASNYA YG BERUBAH MENJADI CALO MUNKIN KURANG BAGI-BAGINYA SEHINGGA CALO DI LUAR DIHILANGKAN KHUSUSNYA DI KAB. PINRNG SULSEL.... TRIM
Bujang
25 Februari 2014
Saya baru beli sepeda motor tua yg pajak nya sudah tidak di bayar lagi oleh pemilik lama sekitar 16 th (karena kerusakan mesin cukup parah).bagai mana cara pengurusannya dan apakah ada keringanan biaya.. Terima kasih
iwan p
16 Maret 2014
Gitu dong kalau rakyat mau bayar pajak emang harus di permudah jangan dipersulir biar penerimaan daerah dri pajak tinggi setuju...
..
lukman fadilah
3 Mei 2014
min mo tanya...
tarif angkot memangnya ada pajaknya? klo ada, nma pajaknya apa?
sya dpt cerita dr tman sya katanya stiap ongkos yg dibayar oleh penumpang angkot kepada supir angkot, itu sudah termasuk pajak...
Apa betul itu min?
mohon Jawabannya min...
trima kasih
hendra
28 Mei 2015
Bisa ga mobil plat kalimantan bayar pajaknya dibandung?
dea arda
20 September 2015
Mobil saya plat AD ,beroperasi di kalbar sudah 3 tahun,saya belum byr pajaknya,bisakah saya pajak online?
Oki Pitaloka
8 Nopember 2015
Kepemilikan Kendaraan Bermotor didasarkan atas nama dan/atau alamat yang sama (pasal.6 ayat.2). Atas dasar pasal tersebut saya mau tanya sama Bapak nih, Saya mau pindah alamat dari kelurahan A ke kelurahan B di wilayah Jaksel. Bagaimana ya proses merubah alamat yg ada pada STNK & BPKB motor saya Pa?
amri
3 Mei 2016
Kenapa berbeda pajak tahunan mobil plat nomor tiga angka sama yang empat angka dan kenapa jauh beda jumlah tagihanya
Jumlah yang tertera di SNTK hanya :2528000 sedangkan samsat meminta saya membayar sebanyak:2940000 mohon pejelasanya pak.
Citraabdillah
7 Juni 2016
Keluhan saya sama seperti mereka, saya mengeluhkan karna saya cuma sanggup beli motor tua, mau bayar sadar pajak kok pkek acara dihalangin. Coba mikir kali harus bwa ktp asli, gimana kalo pemilik ktp asli sdh meninggal.
M.Nazaruddin
22 Agustus 2019
Bagaimana kalau hrg jual kendaraan bermotor yg usia 15 th,harga pasarannya dibawah 1 jt,mhn saran dan info