Jumat, 18 Oktober 2019  

Belajar Perpajakan

Put.01160/PP/M.II/16/2003

A A A 

          Putusan Pengadilan Pajak Nomor  :  Put.01160/PP/M.II/16/2003

Jenis Pajak

:

Pajak Pertambahan Nilai

 

 

 

Masa/Tahun Pajak

:

Januari s.d. Desember 1999

 

 

 

Pokok Sengketa

:

Koreksi Positif Dasar Pengenaan Pajak  Pajak Pertambahan Nilai Karena Perbedaan Data di Kartu Stock

 

 

 

Menurut Terbanding

:

Koreksi tersebut berasal dari kartu stok lain yang ditemukan langsung pada saat pemeriksaan gudang Pemohon di Jalan Tambak Sawah Sidoarjo yang mana kartu stok tersebut berbeda dengan yang telah diserahkan sebelumnya. Terbanding melakukan koreksi  penyerahan dengan menambahkannya sebagai penyerahan.

 

 

 

Menurut Pemohon

:

Terbanding menganggap penyerahan yang dicatat pada kartu stok gudang adalah penyerahan yang berbeda dengan penyerahan yang dicatat Pemohon pada kartu stok barang sehingga Terbanding melakukan koreksi atas Penyerahan Kena Pajak.

 

Kedua kartu stok tersebut adalah sama dan perbedaan/selisih tersebut sebenarnya terjadi karena adanya perbedaan waktu pencatatan dan pengakuan barang antara bagian pembukuan dan bagian gudang, jumlah tersebut bukanlah penyerahan yang belum atau tidak dilaporkan oleh Pemohon.

 

Perbedaan juga terjadi pada saat pencatatan penyerahan barang, nama pembeli yang dicatat Pemohon pada kartu stok barang berbeda dengan nama pembeli yang Pemohon catat pada kartu stok gudang, hal ini terjadi karena Pemohon mengirimkan langsung barang dimaksud kepada orang yang ditunjuk oleh pembeli, dan nama itu yang dicatat Pemohon pada buku stok gudang dengan jumlah kuantitas dan jenis barang yang sama dengan yang Pemohon catat pada kartu stok barang karena sebenarnya barang yang dijual tersebut adalah sama.

 

Berdasarkan uraian tersebut menurut Pemohon jumlah Penyerahan Kena Pajak adalah sebesar yang telah Pemohon laporkan.

 

 

 

Pendapat Majelis

:

Berdasarkan hasil pemeriksaan Majelis terhadap berkas banding serta bukti-bukti yang diserahkan Pemohon dalam persidangan berupa kartu stok barang dan kartu stok gudang diketahui hal-hal sebagai berikut :

 

Pemohon mempunyai dua buah kartu stok yaitu kartu stok barang yang dicatat oleh bagian pembukuan dan kartu stok gudang yang dicatat oleh bagian gudang dan dari kedua kartu stok tersebut terdapat perbedaan waktu pencatatan dan pengakuan barang antara bagian pembukuan dan bagian gudang.

 

Pemohon melakukan pencatatan pada kartu stok barang atas nama orang yang berbeda dengan nama yang dicatat Pemohon pada kartu stok gudang dengan alasan bahwa barang tersebut langsung dikirim kepada orang yang berbeda atas permintaan pembeli, namun atas jumlah dan jenis barang yang sama dengan pencatatan pada kartu stok barang.

 

Majelis melakukan pemeriksaan terhadap kedua kartu stok tersebut dan berdasarkan hasil pemeriksaan Majelis terhadap bukti-bukti tersebut Majelis berpendapat dari kedua kartu stok tersebut memang terdapat perbedaan waktu pencatatan dan perbedaan nama pembeli, namun dilihat dari mutasi barang pada kedua kartu stok tersebut, jumlah barang yang dibeli dan jumlah barang yang diserahkan oleh Pemohon adalah sama, dengan perkataan lain tidak ada barang lain yang diserahkan oleh Pemohon selain barang yang dibeli oleh Pemohon.

 

Dalam persidangan Majelis meminta kepada Terbanding dan Pemohon untuk bersama-sama melakukan pemeriksaan terhadap bukti-bukti yang diserahkan oleh Pemohon dengan disaksikan oleh Panitera Pengganti, dan berdasarkan bukti-bukti tersebut Terbanding mengakui bahwa dilihat dari mutasi barang, kedua kartu stok tersebut memperlihatkan mutasi barang yang sama dan tidak ada barang lain yang diserahkan oleh Pemohon selain barang yang dibeli dan dicatat pada kedua kartu stok tersebut.

 

Koreksi Dasar Pengenaan Pajak berupa Peredaran Usaha tersebut juga menjadi sengketa banding yang diajukan oleh Pemohon untuk jenis pajak Pajak Penghasilan Badan Tahun Pajak 1999.

 

Atas sengketa banding dimaksud telah mendapat putusan dari Pengadilan Pajak, sebagaimana tercantum dalam Putusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.01159/PP/M.II/15/2003 yang isinya mengabulkan permohonan banding Pemohon.

 

Berdasarkan hasil pemeriksaan Majelis terhadap bukti-bukti dan catatan yang diserahkan oleh Pemohon serta keterangan Terbanding dan Pemohon dalam persidangan, Majelis meyakini bahwa tidak ada penyerahan lain yang belum atau tidak dilaporkan oleh Pemohon.

 

Berdasarkan pemeriksaan tersebut di atas terhadap bukti-bukti yang diserahkan oleh Pemohon dalam persidangan, Majelis berkesimpulan bahwa koreksi positif Terbanding atas Dasar Pengenaan Pajak Pajak Pertambahan Nilai tidak dapat dipertahankan.

 

 

 

 

 

 

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2173 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :