Senin, 22 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Put.02078/PP/M.II.L/16/2004

A A A 

          Putusan Pengadilan Pajak Nomor  :  Put.02078/PP/M.II.L/16/2004

Jenis Pajak

:

Pajak Pertambahan Nilai

 

 

 

Masa/Tahun Pajak

:

September 2001

 

 

 

Pokok Sengketa

:

Koreksi Pajak Masukan karena Faktur Pajak Nomor : D0191001A tanggal 20 September 2001 bukan atas nama Pemohon

 

 

 

Menurut Terbanding

:

Koreksi karena kontrak berlangganan VSAT bukan atas nama Pemohon melainkan PT Kumbong Container Industry NPWP : 1.061.898.1-052 dengan PT Indosat, sehingga kontrak berlangganan tersebut tidak berlaku untuk Pemohon dan yang berhak mengkreditkan adalah PT Kumbong Container Industry NPWP: 1.061.898.1-052.

 

 

 

Menurut Pemohon

:

Sejak tanggal 1 Januari 2000 PT Kumbong Container Industry telah bergabung dengan PT Aspex Paper menjadi PT Aspex Kumbong sebagai Pemohon, maka sejak tanggal 1 Januari 2000 itu pula semua hak dan kewajiban PT Kumbong Container Industry dengan PT Indosat beralih kepada Pemohon.

 

 

 

Pendapat Majelis

:

Faktur Pajak Nomor : DO19-1001A tanggal 20 September 2001 diterbitkan oleh PT Indosat dengan pembeli / pemakai jasa Pemohon.

 

Berdasarkan Pasal 2 Akta Penggabungan Nomor 37 tanggal 20 Desember 1999 disebutkan bahwa “KCI dengan ini menyatakan setuju dan sepakat untuk bergabung ke dalam AP, dan AP setuju dan sepakat untuk menerima penggabungan KCI, dengan ketentuan bahwa sesuai ketentuan UUPT dan PP No. 27/1998, Penggabungan ini dilaksanakan tanpa mengadakan likuidasi terlebih dahulu dari KCI, dan akan efektif secara hukum pada Tanggal Efektif, sejak saat mana semua aktivitas, kegiatan usaha, operasional usaha, tagihan-tagihan, karyawan, aktiva dan pasiva dari KCI akan dengan sendirinya beralih demi hukum ke AP, dan KCI bubar demi hukum”.

 

Dalam Pasal 5 angka 1 huruf a Akta Penggabungan Nomor 37 tanggal 20 Desember 1999 disebutkan bahwa “AP dan KCI setuju bahwa sejak Tanggal Efektif semua operasi, usaha, kegiatan dan aktivitas KCI, termasuk namun tidak terbatas pada semua kantor KCI akan beralih dari KCI kepada AP sejak Tanggal Efektif, dengan tanpa mengurangi persyaratan yang ditetapkan berdasarkan hukum yang mungkin berlaku”.

 

Dalam Pasal 5 angka 1 huruf b Akta tersebut antara lain menyebutkan bahwa “Semua ijin, fasilitas, lisensi, persetujuan dan pendaftaran yang telah diberikan oleh pihak yang berwenang kepada KCI dalam rangka operasi, usaha dan kegiatan serta aktivitas KCI beralih dan atau diambil alih oleh AP,…”.

 

Berdasarkan Pasal 1 angka 1 Akta Penggabungan Nomor 37 tanggal 20 Desember 1999 yang dimaksud dengan AP adalah PT Aspex Paper sebagai Perusahaan yang akan menerima Penggabungan.

 

Berdasarkan Pasal 1 angka 2 Akta Penggabungan Nomor 37 tanggal 20 Desember 1999 yang dimaksud dengan KCI adalah PT Kumbong Container Industry sebagai Perusahaan yang akan menggabungkan diri.

 

 

Berdasarkan Pernyataan Keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa “PT Aspex Paper” yang tertuang dalam Akta Notaris A. Partomuan Pohan, S.H., LL.M. Nomor 27 tanggal 25 Pebruari 2000 disebutkan bahwa “Rapat dengan suara bulat atas dasar musyawarah untuk mufakat menyetujui untuk mengubah ketentuan Pasal 1 ayat 1 Anggaran Dasar Perseroan sehubungan dengan perubahan nama Perseroan dari semula bernama “PT Aspex Paper” menjadi “PT Aspex Kumbong”, sehingga…” .

 

Dalam Pasal 1 Addendum I terhadap Kontrak Berlangganan Jasa Indosat World Link Nomor : 055K/NPS/OP.030/VSAT/97 disebutkan sebagai berikut :

 

Dalam Pasal 1 Addendum I terhadap Kontrak Berlangganan Jasa Indosat World Link Nomor : 055K/NPS/OP.030/VSAT/97 disebutkan sebagai berikut :

 

  1. -         KCI dengan ini sepakat untuk mengalihkan hak dan tanggung jawab terhadap Kontrak Berlangganan Jasa IDL kepada AK.

 

  1. -         AK sepakat untuk menerima pengalihan hak dan tanggung jawab atas penggunaan Jasa IWL yang tertuang dalam Kontrak Berlangganan Jasa IDL sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) Pasal ini.

 

  1. -         PTI setuju atas pengalihan hak dan tanggung jawab atas penggunaan Jasa IDL yang tertuang dalam Kontrak Berlangganan Jasa IDL dari pelanggan yang semula KCI dialihkan kepada AK.

 

  1. -         Pengalihan Hak dan Tanggung Jawab terhadap Kontrak Berlangganan Jasa IDL sebagaimana diatur dalam Pasal ini berlaku sejak tanggal 1 Maret 2000.

 

Berdasarkan addendum tersebut, yang dimaksud dengan KCI adalah PT Kumbong Container Indonesia, AK adalah PT Aspex Kumbong sebagai Pemohon, PTI adalah PT Indosat (Persero) Tbk., dan IDL adalah Indosat Direct Link (dahulu VSAT).

 

Berdasarkan uraian tersebut di atas, terbukti bahwa PT Kumbong Container Indonesia telah menggabungkan diri dengan Pemohon, sehingga seluruh hak dan kewajiban PT Kumbong Container beralih kepada Pemohon, termasuk di dalamnya adalah hak dan kewajiban berkenaan dengan Kontrak Berlangganan Jasa IDL antara PT Kumbong Container Indonesia dengan PT Indosat (Persero) Tbk., dengan demikian Majelis berpendapat Faktur Pajak Nomor : D0191001A tanggal 20 September 2001 dapat dikreditkan sebagai Pajak Masukan, sehingga koreksi Pajak Masukan tersebut tidak dapat dipertahankan.

 

 

 

 

 

 

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2377 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :