Rabu, 17 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Put.02079/PP/M.II.L/16/2004

A A A 

          Putusan Pengadilan Pajak Nomor  :  Put.02079/PP/M.II.L/16/2004

Jenis Pajak

:

Pajak Pertambahan Nilai

 

 

 

Masa/Tahun Pajak

:

2001

 

 

 

Pokok Sengketa

:

Koreksi Pajak Masukan Yang Tidak Dapat Dikreditkan Karena Klarifikasi Dijawab Tidak Ada

 

 

 

Menurut Terbanding

:

Koreksi Pajak Masukan berasal dari Faktur Pajak Masukan  yang tidak dapat dikreditkan.

 

Melakukan klarifikasi ke KPP mengenai Faktur Pajak Masukan tersebut, dan klarifikasi tersebut dijawab “tidak ada” oleh KPP, sehingga koreksi Terbanding atas Faktur Pajak Masukan tersebut tetap dipertahankan.

 

 

 

Menurut Pemohon

:

Faktur Pajak Masukan tersebut telah memenuhi ketentuan perpajakan yang berlaku, tidak cacat, Pajak Pertambahan Nilai-nya telah dibayar kepada pihak penjual, dan penjual telah menyetorkan serta melaporkannya tepat waktu ke KPP setempat.

 

Penjual juga telah menanggapi permintaan pertanggungjawaban Faktur Pajak Masukan atas nama Pemohon yang dimintakan klarifikasi, berdasarkan bukti-bukti tersebut Pemohon berpendapat bahwa Pajak Masukan tersebut dapat dikreditkan oleh Pemohon.

 

 

 

Pendapat Majelis

:

Berdasarkan pemeriksaan Majelis terhadap dokumen-dokumen yang ada dalam berkas banding, diketahui bahwa Terbanding melakukan koreksi atas Faktur Pajak Masukan yang diterbitkan oleh penjual.

 

Berdasarkan bukti-bukti yang diserahkan Pemohon ternyata Faktur Pajak Masukan atas nama penjual tersebut tidak cacat dan Pajak Pertambahan Nilai-nya telah dibayar oleh Pemohon kepada penjual.

 

Faktur Pajak Masukan tersebut telah dilaporkan oleh penjual sebagai Pajak Keluaran dalam Surat Pemberitahuan Masa, yang telah diterima KPP setempat sesuai dengan bukti tanda terima Surat Pemberitahuan Masa.

 

Berdasarkan bukti-bukti yang diserahkan oleh Terbanding berupa fotokopi Surat Pemberitahuan Masa atas nama penjual yang sudah disahkan oleh KPP setempat serta keterangan Terbanding dalam persidangan terbukti bahwa Faktur Pajak Masukan tersebut telah dilaporkan oleh penjual sebagai Pajak Keluaran.

 

Berdasarkan uraian tersebut di atas, Majelis berkesimpulan bahwa Faktur Pajak Masukan atas nama penjual dapat dikreditkan oleh Pemohon sebagai Pajak Masukan, sehingga koreksi Pajak Masukan tersebut tidak dapat dipertahankan.

 

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 1996 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :