Senin, 20 Oktober 2014  

Belajar Perpajakan

Kelompok Lapangan Usaha Kategori I : Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi

A A A 

GP G SG KEL URAIAN KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA
KATEGORI I: ANGKUTAN DARAT DAN ANGKUTAN DENGAN SALURAN PIPA
         
60       ANGKUTAN DARAT DAN ANGKUTAN DENGAN SALURAN PIPA
  601     ANGKUTAN JALAN REL
    6011   ANGKUTAN JALAN REL UNTUK PENUMPANG
      60110 Angkutan jalan rel untuk penumpang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dalam perkotaan dan antar kota dengan kereta api.
    6012   ANGKUTAN JALAN REL UNTUK BARANG
      60120 Angkutan jalan rel untuk barang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang-barang hasil pertanian pertambangan dan penggalian, serta industri pengolahan dengan kereta api.
    6013   ANGKUTAN JALAN REL UNTUK WISATA
      60130 Angkutan jalan rel untuk wisata Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan wisatawan dengan kereta api wisata.
    6019   ANGKUTAN JALAN REL LAINNYA
      60190 Angkutan jalan rel lainnya Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan dengan kereta api untuk keperluan selain penumpang, barang, dan wisatawan yang tercakup dalam subgolongan 6011 s.d. 6013.
  602     ANGKUTAN JALAN RAYA
    6021   ANGKUTAN JALAN RAYA DALAM TRAYEK UNTUK PENUMPANG
      60211 Angkutan jalan raya dalam trayek dan berjadwal untuk penumpang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang secara teratur dengan kendaraan bermotor berdasarkan trayek dan berdasarkan jadwal tertentu, seperti: angkutan antar kota, angkutan kota, dan angkutan lintas batas negara.
      60212 Angkutan jalan raya dalam trayek dan tidak berjadwal untuk penumpang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang secara teratur dengan kendaraan bermotor berdasarkan trayek dan tidak berdasarkan jadwal tertentu, seperti: angkutan perdesaan.
    6022   ANGKUTAN JALAN RAYA TIDAK DALAM TRAYEK UNTUK PENUMPANG
      60221 Angkutan taksi Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dengan kendaraan taksi. Taksi adalah suatu pelayanan pengangkutan penumpang dari pintu ke pintu dengan pembayaran berdasarkan argo.
      60222 Angkutan sewa Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dengan kendaraan yang disewa berikut pengemudi. Kegiatan persewaan angkutan tanpa pengemudi dimasukkan dalam subgolongan 7111 (persewaan Alat Transporrasl Darat).
      60223 Angkutan untuk wisata Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan untuk wisata dengan kendaraan bermotor, seperti: bus wisata.
      60224 Angkutan tidak bermotor untuk penumpang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dengan kendaraan tidak bermotor, seperti: angkutan delman/bendi/andongldokar, becak, dan sepeda. Termasuk dalam kelompok ini apabila jenis angkutan tersebut bukan merupakan fasilitas di kawasan wisata.
    6023   ANGKUTAN JALAN RAYA UNTUK BARANG
      60231 Angkutan bermotor untuk barang umum Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang dengan kendaraan bermotor, seperti: angkutan dengan truk, pick up, dan kontainer.
      60232 Angkutan bermotor untuk barang khusus Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang yang bersifat khusus dengan kendaraan bermotor khusus, seperti: angkutan bahan bakar minyak (BBM), angkutan barang berbahaya, dan angkutan barang alat-alat berat.
      60233 Angkutan tidak bermotor untuk barang umum Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang dengan kendaraan tidak bermotor, seperti: gerobak, pedati, dan hewan/ternak beban.
  603     ANGKUTAN DENGAN SALURAN PIPA
    6030   ANGKUTAN DENGAN SALURAN PIPA
      60300 Angkutan dengan saluran pipa Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan minyak, gas dan air dari tempat pembuatan (produsen) ke tempat pemakai (konsumen) dengan saluran pipa atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak.
61       ANGKUTAN AIR
  611     ANGKUTAN LAUT
    6111   ANGKUTAN LAUT DOMESTIK
      61111 Angkutan laut domestik untuk penumpang umum Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang melalui laut dengan menggunakan kapal laut antar pelabuhan dalam negeri, seperti: pelayaran antar pulau untuk penumpang. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.
      61112 Angkutan laut domestik untuk barang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan antar pelabuhan dalam negeri untuk wisatawan atau untuk rekreasi di laut dengan menggunakan kapal laut wisata. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.
      61113 Angkutan laut domestik untuk wisata Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan untuk wisatawan atau untuk rekreasi di laut dengan menggunakan kapal laut wisata di dalam negeri. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.
    6112   ANGKUTAN LAUT INTERNASIONAL
      61121 Angkutan laut internasional untuk penumpang umum Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang melalui laut dengan menggunakan kapal laut dari pelabuhan di Indonesia ke pelabuhan di Luar Negeri. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.
      61122 Angkutan laut internasional untuk barang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang melalui laut dengan menggunakan kapal laut antara pelabuhan di Indonesia dengan pelabuhan di Luar Negeri. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatomya.
      61123 Angkutan laut internasional untuk wisata Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan wisatawan melalui laut dengan menggunakan kapal laut wisata antara pelabuhan di Indonesia dengan pelabuhan di Luar Negeri. Termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatomya.
  612     ANGKUTAN SUNGAI, DANAU, DAN PENYEBERANGAN
    6121   ANGKUTAN SUNGAI DAN DANAU
      61211 Angkutan sungai dan danau untuk penumpang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dengan menggunakan kapal/perahu di sungai dan danau. Termasuk usaha persewaan angkutan sungai dan danau berikut operatornya.
      61212 Angkutan sungai dan danau untuk barang Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan barang dengan menggunakan kapal/perahu di sungai dan danau. Termasuk usaha persewaan angkutan sungai dan danau berikut operatornya.
    6122   ANGKUTAN PENYEBERANGAN DOMESTIK
      61220 Angkutan penyeberangan domestik Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penyeberangan di laut, danau, selat dan teluk, antar pelabuhan penyeberangan dalam negeri sebagai jembatan bergerak yang menghubungkan dua tempat tertentu, yang merupakan kelanjutan dari jaringan jalan raya dan atau kereta api. Termasuk usaha persewaan angkutan penyeberangan berikut operatornya.
    6123   ANGKUTAN PENYEBERANGAN INTERNASIONAL
      61230 Angkutan penyeberangan internasional Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penyeberangan di laut, selat, dan teluk, antara pelabuhan penyeberangan di Indonesia dengan pelabuhan di Luar Negeri sebagai jembatan bergerak yang menghubungkan dua tempat tertentu, yang merupakan kelanjutan dari jaringan jalan raya dan atau kereta api. Termasuk usaha persewaan angkutan penyeberangan berikut operatornya.
 
62       ANGKUTAN UDARA
  621     ANGKUTAN UDARA BERJADUAL
    6210   ANGKUTAN UDARA BERJADUAL
      62100 Angkutan udara berjadual Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang, kargo, dan pos dengan pesawat udara berdasarkan pada rute dan jadual tertentu pada penerbangan dalam dan luar negeri. Termasuk usaha persewaan angkutan udara berikut operatornya.
  622     ANGKUTAN UDARA TIDAK BERJADUAL
    6220   ANGKUTAN UDARA TIDAK BERJADUAL
      62200 Angkutan udara tidak berjadual Kelompok ini mencakup usaha pengangkutan penumpang dan atau kargo dengan pesawat udara berdasarkan penerbangan tidak berjadual yang dilakukan secara komersial pada penerbangan dalam dan atau luar negeri.
63       JASA PENUNJANG DAN PELENGKAP KEGIATAN ANGKUTAN, DAN JASA PERJALANAN WISATA
  631     JASA PELAYANAN BONGKAR MUAT BARANG
    6310   JASA PELAYANAN BONGKAR MUAT BARANG
      63100 Jasa pelayanan bongkar muat barang Kelompok ini mencakup usaha pelayanan bongkar muat barang dan atau barang-barang bawaan penumpang dari angkutan darat, angkutan jalan, angkutan air, dan angkutan udara atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak.
  632     PERGUDANGAN, JASA COLD STORAGE, DAN JASA WILAYAH KAWASAN BERIKAT
    6321   PERGUDANGAN
      63210 Pergudangan Kelompok ini mencakup usaha yang melakukan kegiatan penyimpanan barang-barang sementara sebelum barang tersebut di kirim ke tujuan akhir, dengan tujuan komersil.
    6322   JASA COLD STORAGE
      63220 Jasa cold storage Kelompok ini mencakup usaha jasa penyimpanan barang-barang yang memerlukan pendinginan dalam jangkal pengawetan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak, sebelum barang tersebut dikirim ke tujuan akhir.
    6323   JASA BOUNDED WAREHOUSING ATAU WILAYAH KAWASAN BERIKAT
      63230 Jasa bounded warehousing atau wilayah kawasan berikat Kelompok ini mencakup usaha/jasa atau yang merupakan bagian dari wilayah pabean yang dengan peraturan pemerintah diberikan perlakuan khusus seperti berada di luar wilayah pabean dan dikelola oleh suatu badan berbentuk perusahaan yang melakukan kegiatan pergudangan, seperti: Daerah Industri Pulau Batam.
    6324   JASA PERGUDANGAN LAINNYA
      63240 Jasa pergudangan lainnya Kelompok ini mencakup usaha jasa pergudangan lainnya yang belum masuk kelompok 63201 s.d. 63203.
  633     JASA PENUNJANG ANGKUTAN KECUALI JASA BONGKAR MUAT DAN PERGUDANGAN
    6331   JASA TERMINAL DARAT
      63310 Jasa terminal darat Kelompok ini mencakup usaha jasa terminal darat, seperti: pelayanan parkir, penjadualan keberangkatan kendaraan (angkutan umum), dan pelayanan naik turun penumpang.
    6332   JASA PELAYANAN KEPELABUHANAN
      63320 Jasa pelayanan kepelabuhanan Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan kepelabuhan, seperti: jasa penambatan, dan jasa pemanduan.
    6333   JASA KEBANDARUDARAAN
      63330 Jasa kebandarudaraan Kelompok ini mencakup kegiatan/usaha pelayanan jasa pendaratan, penempatan dan penyimpanan pesawat udara (PJP4U), jasa pelayanan penerbangan (JP2), dan jasa pelayanan pemakaian garbarat (avio bridge).
    6334   JASA JALAN TOL
      63340 Jasa jalan tol Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan lalu lintas kendaraan melalui jalan atau jembatan tol.
    6335   JASA PERPARKIRAN
      63350 Jasa perparkiran Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan perparkiran kendaraan.
    6339   JASA PENUNJANG ANGKUTAN LAINNYA
      63390 Jasa penunjang angkutan lainnya Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan angkutan lainnya selain yang tercakup dalam subgolongan 6331 s.d. 6335.
  634     JASA PERJALANAN WISATA
    6341   JASA BIRO PERJALANAN WISATA CAKRA DAN NON CAKRA
      63411 Jasa biro perjalanan wisata cakra empat Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya melakukan perencanaan dan pengkemasan komponen-komponen perjalanan wisata, yang meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya terutama yang terdapat di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata; melakukan penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menyalurkan melalui Agen Perjalanan Wisata dan atau menjualnya langsung kepada wisatawan atau konsumen; melakukan penyediaan layanan pramuwisata yang berhubungan dengan paket wisata yang dijual; melakukan penyediaan layanan angkutan wisata; melakukan pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan tiket penjualan seni budaya serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; melakukan pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan, melakukan penyelenggaraan ibadah agama dan perjalanan insentif dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai biro perjalanan wisata dengan klasifikasi Cakra Empat dari instansi yang membinanya.
      63412 Jasa biro perjalanan wisata cakra tiga Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya melakukan perencanaan dan pengkemasan komponen-komponen perjalanan wisata, yang meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya terutama yang terdapat di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata; melakukan penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menyalurkan melalui Agen Perjalanan Wisata dan atau menjualnya langsung kepada wisatawan atau konsumen; melakukan penyediaan layanan pramuwisata yang berhubungan dengan paket wisata yang dijual; melakukan penyediaan layanan angkutan wisata; melakukan pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan tiket penjualan seni budaya serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; melakukan pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan, melakukan penyelenggaraan ibadah agama dan perjalanan insentif dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai biro perjalanan wisata dengan klasifikasi Cakra Tiga dari instansi yang membinanya.
      63413 Jasa biro perjalanan wisata cakra dua Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya melakukan perencanaan dan pengkemasan komponen-komponen perjalanan wisata, yang meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya terutama yang terdapat di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata; melakukan penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menyalurkan melalui Agen Perjalanan Wisata dan atau menjualnya langsung kepada wisatawan atau konsumen; melakukan penyediaan layanan pramuwisata yang berhubungan dengan paket wisata yang dijual; melakukan penyediaan layanan angkutan wisata;melakukan pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan tiket penjualan seni budaya serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; melakukan pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan, melakukan penyelenggaraan ibadah agama dan perjalanan insentif dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai blro perjalanan wisata dengan klasifikasi Cakra Dua dari instansi yang membinanya.
      63414 Jasa biro perjalanan wisata cakra satu Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya melakukan perencanaan dan pengkemasan komponen-komponen perjalanan wisata, yang meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya terutama yang terdapat di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata; melakukan penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menyalurkan melalui Agen Perjalanan Wisata dan atau menjualnya langsung kepada wisatawan atau konsumen; melakukan penyediaan layanan pramuwisata yang berhubungan dengan paket wisata yang dijual; melakukan penyediaan layanan angkutan wisata; melakukan pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan tiket penjualan seni budaya serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; melakukan pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan, melakukan penyelenggaraan ibadah agama dan perjalanan insentif dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai biro perjalanan wisata dengan klasifikasi Cakra Satu dari instansi yang membinanya.
      63415 Jasa biro perjalanan wisata non cakra Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya melakukan perencanaan dan pengkemasan komponen-komponen perjalanan wisata, yang meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata dan jasa pariwisata lainnya terutama yang terdapat di wilayah Indonesia dalam bentuk paket wisata; melakukan penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menyalurkan melalui Agen Perjalanan Wisata dan atau menjualnya langsung kepada wisatawan atau konsumen; melakukan penyediaan layanan pramuwisata yang berhubungan dengan paket wisata yang dijual; melakukan penyediaan layanan angkutan wisata; melakukan pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan tiket penjualan seni budaya serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; melakukan pengurusan dokumen perjalanan, berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan, melakukan penyelenggaraan ibadah agama dan perjalanan insentif dan telah mendapatkan surat keputusan sebagai biro perjalanan wisata dengan klasifikasi non Cakra dari instansi yang membinanya.
    6342   AGEN PERJALANAN WISATA
      63420 Agen perjalanan wisata Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya sebagai perantara penjualan paket wisata yang dikemas oleh biro perjalanan wisata; melakukan pemesanan tiket angkutan udara, laut dan darat, baik untuk tujuan dalam negeri maupun luar negeri; melakukan pemesanan akomodasi, restoran dan tiket pertunjukan seni budaya, serta kunjungan ke obyek dan daya tarik wisata; dan melakukan pengurusan dokumen perjalanan berupa paspor dan visa atau dokumen lain yang dipersamakan.
    6343   JASA PRAMUWISATA
      63430 Jasa pramuwisata Kelompok ini mencakup usaha jasa yang memberikan bimbingan, penerangan, dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan. Termasuk juga dalam kelompok ini perusahaan yang menyediakan tenaga pramuwisata dan atau mengkoordinasikan tenaga pramuwisata lepas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan secara perorangan atau kebutuhan biro perjalanan wisata.
    6344   JASA KONVENSI, PAMERAN, DAN PERJALANAN INSENTIF
      63440 Jasa konvensi, pameran, dan perjalanan insentif Kelompok ini mencakup usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendekiawan, dsb). Termasuk juga dalam kelompok ini usaha jasa yang merencanakan, menyusun dan menyelenggarakan program perjalanan insentif dan usaha jasa yang melakukan perencanaan dan penyelenggaraan pameran.
    6345   IMPRESARIAT
      63450 Impresariat Kelompok ini mencakup kegiatan pengurusan dan penyelenggaraan pertunjukan hiburan baik yang berupa mendatangkan, mengirim maupun mengembalikan serta menentukan tempat, waktu dan jenis hiburan. Kegiatan usaha jasa impresariat ini meliputi bidang seni dan olahraga.
    6346   JASA KONSULTASI PARIWISATA
      63460 Jasa konsultasi pariwisata Kelompok ini mencakup kegiatan penyampaian pandangan, saran, penyusunan studi kelayakan, perencanaan, pengawasan, manajemen, dan penelitian di bidang kepariwisataan.
    6347   JASA INFORMASI PARIWISATA
      63470 Jasa informasi pariwisata Kelompok ini mencakup kegiatan penyediaan informasi mengenai obyek dan daya tarik wisata, sarana pariwisata, jasa pariwisata, transportasi dan informasi lain yang diperlukan oleh wisatawan. Penyebaran informasi tentang usaha pariwisata atau informasi lain yang diperlukan wisatawan melalui media cetak, elektronik atau media komunikasi lain. Termasuk juga kegiatan pemberian informasi mengenai layanan pemesanan, akomodasi, restoran, penerbangan, angkutan darat dan angkutan laut.
    6349   JASA PERJALANAN WISATA LAINNYA
      63490 Jasa perjalanan wisata lainnya Kelompok ini mencakup usaha jasa perjalanan wisata lainnya yang belum termasuk pada subgolongan 6341 s.d. 6347.
  635     JASA PENGIRIMAN DAN PENGEPAKAN
    6351   JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI (JPT)
      63510 Jasa pengurusan transportasi (jpt) Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan atau pengepakan barang dalam volume besar, melalui angkutan kereta api, angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara.
    6352   JASA EKSPEDISI MUATAN KERETA API DAN EKSPEDISI ANGKUTAN DARAT (EMKA & EAD)
      63520 Jasa ekspedisi muatan kereta api dan ekspedisi angkutan darat (emka & ead) Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan atau pengepakan barang dalam volume besar, baik yang diangkut melalui kereta api maupun alat angkutan darat.
    6353   JASA EKSPEDISI MUATAN KAPAL (EMKL)
      63530 Jasa ekspedisi muatan kapal (emkl) Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan atau pengepakan barang dalam volume besar, yang diangkut melalui angkutan laut.
    6354   JASA EKPEDISI MUATAN PESAWAT UDARA (EMPU)
      63540 Jasa ekspedisi muatan pesawat udara (empu) Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan atau pengepakan barang dalam volume besar, yang diangkut melalui alat angkutan udara.
    6359   JASA PENGIRIMAN DAN PENGEPAKAN LAINNYA
      63590 Jasa pengiriman dan pengepakan lainnya Kelompok ini mencakup usaha pengiriman dan pengepakan barang dalam volume besar lainnya, selain yang tercakup dalam subgolongan 6351 s.d. 6354. Jasa pengepakan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan pengangkutan dimasukkan dalam subgolongan 7495 (Jasa Pengepakan).
  639     JASA PENUNJANG ANGKUTAN LAINNYA YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
    6390   JASA PENUNJANG ANGKUTAN LAINNYA YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
      63900 Jasa penunjang angkutan lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa penunjang angkutan lainnya yang belum dimasukkan dalam klasifikasi lainnya.
 
64       POS DAN TELEKOMUNIKASI
  641     POS NASIONAL, UNIT PELAYANAN POS DAN JASA KURIR
    6411   POS NASIONAL
      64110 Pos nasional Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan pengiriman surat, warkat pos, kartu pos, barang cetakan, surat kabar, bungkusan kecil, paket pos, wesel pos, dan giro pos, baik dalam negeri maupun luar negeri. Termasuk juga kegiatan yang berkaitan dengan pencetakan, pemrosesan dan pengiriman surat-surat bisnis, brosur, dan tagihan yang dikelola oleh Pos Nasional.
    6412   UNIT PELAYANAN POS
      64120 Unit pelayanan pos Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan swasta yang menyelenggarakan kirim mengirim surat, warkat pos, kartu pos, barang cetakan, surat kabar, bungkusan kecil, paket pos, wesel pos, dan giro pos, yang merupakan mitra usaha PT Pos Indonesia, seperti: rumah pos, agen pos, dan agen pos desa.
    6413   JASA KURIR (JASA TITIPAN SWASTA)
      64130 Jasa kurir (jasa titipan swasta) Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan menyelenggarakan kirim mengirim barang cetakan cetakan, surat kabar, bungkusan kecil, paket, dan uang yang dilakukan oleh swasta, seperti: TIKI (Titipan Kilat), DHL. Tidak termasuk pengiriman surat, warkat pos dan kartu pos yang berperangko.
  642     TELEKOMUNIKASI
    6421   TELEPON TETAP
      64211 Telepon tetap pemerintah Kelompok ini mencakup usaha penyediaan telepon tetap, telex, telegraf dan faksimili yang dikelola oleh pemerintah.
      64212 Telepon tetap swasta Kelompok ini mencakup usaha penyediaan telepon tetap, telex, telegraf, dan faksimili yang dikelola oleh swasta, seperti: wartel, warpostel, dan kiospon.
    6422   SISTEM TELEKOMUNIKASI BERGERAK SELULER (STBS)
      64221 Sistem telekomunikasi bergerak seluler (stbs) pemerintah Kelompok ini mencakup usaha pelayanan, hubungan komunikasi bergerak seluler yang dikelola oleh Pemerintah.
      64222 Sistem telekomunikasi bergerak seluler (stbs) swasta Kelompok ini mencakup usaha pelayanan hubungan komunikasi bergerak seluler yang dikelola oleh Swasta.
    6423   JASA RADIO PANGGIL UNTUK UMUM (RPUU)
      64230 Jasa radio panggil untuk umum (rpuu) Kelompok ini mencakup usaha pelayanan hubungan komunikasi satu arah berupa pesan.
    6424   JASA RADIO TRUNKING
      64240 Jasa radio trunking Kelompok ini mencakup kegiatan yang menggunakan sistem frekuensi radio secara tertutup, dan dapat komunikasi dua arah, seperti: CB, HT, SSB.
    6425   JASA SISTEM KOMUNIKASI
      64250 Jasa sistem komunikasi Kelompok ini mencakup kegiatan jasa sistem komunikasi, seperti jasa VSAT (Very Small Aperture Terminal). VSAT adalah suatu sistem yang dapat digunakan untuk pengiriman suara, gambar, data, informasi, dan paket. Yang menggunakan fasilitas VSAT adalah: RPUU, Radio Trunking, STBS dan lainnya.
    6426   JASA SATELIT
      64260 Jasa satelit Kelompok ini mencakup usaha jasa penyewaan transponder satelit.
    6427   JASA KOMUNIKASI DATA PAKET/JKDP (PROVIDER)
      64270 Jasa komunikasi data paket/jdkp (provider) Kelompok ini mencakup kegiatan sambungan komunikasi data yang pengirimannya dilakukan secara paket, melalui suatu sentral atau melalui jaringan lain, seperti: Public Switched Telephone Network (PSTN) atau Public Switched Telex Network.
    6429   JASA KOMUNIKASI LAINNYA
      64290 Jasa komunikasi lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan jasa komunikasi lainnya yang belum tercakup dalam subgolongan 6421 s.d. 6427.
© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 8460 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :