Kamis, 20 Juni 2019  

Belajar Perpajakan

Kelompok Lapangan Usaha Kategori J : Perantara Keuangan

A A A 

GP G SG KEL URAIAN KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA
KATEGORI J: PERANTARA KEUANGAN KECUALI ASURANSI DAN DANA PENSIUN
         
65       PERANTARA KEUANGAN KECUALI ASURANSI DAN DANA PENSIUN
  651     PERANTARA MONETER (PERBANKAN)
    6511   BANK SENTRAL
      65110 Bank sentral Kelompok ini mencakup kegiataan perbankan yang mempunyai wewenang dan hak dari pemerintah untuk mengeluarkan dan mengedarkan alat pembayaran yang sah, mengatur kebijaksaan operasi perbankan, mengelola cadangan devisa, menjaga dan memelihara kestabilan nilai rupiah, dan bertindak sebagai bankir pemerintah.
    6512   BANK UMUM
      65121 Bank devisa Kelompok ini mencakup kegiatan perbankan yang kegiatan utamanya menghimpun dana masyarakat dalam bentuk giro, deposito dan tabungan baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing serta menyalurkan kembali dananya dalam bentuk pemberian kredit, dan melayani transaksi luar negeri.
      65122 Bank non devisa Kelompok ini mencakup kegiatan perbankan yang kegiatan utamanya menghimpun dana masyarakat dalam bentuk giro, deposito dan tabungan dalam bentuk rupiah, serta menyalurkan kembali dananya dalam bentuk pemberian kredit.
    6519   JASA PERANTARA MONETER LAINNYA
      65191 Bank perkreditan rakyat (bpr) Kelompok ini mencakup kegiatan perbankan yang hanya menerima simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito serta memberi kredit berskala kecil dalam jangka pendek kepada masyarakat.
      65199 Jasa perantara moneter lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan perbankan lainnya selain yang tercakup dalam subgolongan 6511 s.d 6519.
  659     PERANTARA KEUANGAN LAINNYA (LEASING, PEGADAIAN)
    6591   SEWA GUNA USAHA (LEASING)
      65910 Sewa guna usaha (leasing) Kelompok ini mencakup usaha pembiayaan perusahaan dalam bentuk "finance lease" untuk digunakan oleh penyewa guna usaha (lessee) selama jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran secara berkala. Apabila jangka waktunya sudah habis lessee boleh membeli barang modal yang bersangkutan atau memperpanjang jangka waktu leasing berdasarkan nilai sisa yang telah disepakati bersama.
    6592   PEMBIAYAAN NON LEASING
      65921 Pembiayaan anjak piutang (factoring) Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatan utamanya melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian atau pengalihan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan dari transaksi perdagangan dalam atau luar negeri.
      65922 Pembiayaan konsumen (consumers credit) Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatan utamanya melakukan pembiayaan untuk pengadaan barang dan jasa berdasarkan kebutuhan konsumen dengan sistem pembayaran secara angsuran atau berkala.
      65923 Pembiayaan kartu kredit (credit card) Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatan utamanya melakukan pembiayaan dalam transaksi pembelian barang dan jasa para pemegang kartu kredit.
      65929 Pembiayaan non leasing lainnya Kelompok ini mencakup usaha pembiayaan non leasing selain yang tercakup dalam kelompok 65921 sampai 65923.
    6593   MODAL VENTURA (VENTURA CAPITAL)
      65930 Modal ventura (ventura capital) Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatan utamanya melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan pasangan usaha (Investee Company) untuk jangka waktu tertentu.
    6594   PEGADAIAN
      65940 Pegadaian Kelompok ini mencakup usaha penyediaan fasilitas pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. Kredit atau pinjaman yang diberikan didasarkan pada nilai jaminan barang bergerak yang diserahkan, dengan tidak memperhatikan penggunaan dana pinjaman yang diberikan.
    6595   KOPERASI SIMPAN PINJAM/UNIT SIMPAN PINJAM
      65950 Koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam Kelompok ini mencakup usaha koperasi yang kegiatannya menerima simpanan dan memberikan pinjaman bagi para anggotanya. Termasuk juga disini Koperasi yang mempunyai unit simpan pinjam.
    6599   JASA PERANTARA KEUANGAN YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
      65991 Jasa merger dan akuisisi Kelompok ini mencakup jasa yang diberikan penasehat (counsellors) dan perunding (negotiators) dalam merancang merger dan akuisisi perusahaan.
      65999 Jasa perantara keuangan lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha yang kegiatannya sebagai jasa perantara keuangan yang tidak diklasifikasikan di tempat lain seperti: rentenir.
66       ASURANSI DAN DANA PENSIUN
  660     ASURANSI DAN DANA PENSIUN
    6601   ASURANSI JIWA
      66010 Asuransi jiwa Kelompok ini mencakup usaha perasuransian dan reasuransi yang memberikan jasa dalam penanggulangan resiko yang dikaitkan dengan hidup atau meninggalnya seseorang yang dipertanggungkan.
    6602   DANA PENSIUN
      66020 Dana pensiun Kelompok ini mencakup usaha penyediaan sejumlah uang yang dibayarkan secara berkala ataupun sekaligus pada masa pensiun sebagai santunan hari tua/ uang pensiun. Termasuk dalam kelompok ini usaha mengumpulkan dan menginvestasikan dana untuk keperluan pembayaran sejumlah uang pada masa pensiun. Pendanaan dan administrasi jaminan sosial wajib yang diselenggarakan pemerintah untuk kepentingan masyarakat/umum dimasukkan dalam subgolongan 7530.
    6603   ASURANSI NON JIWA
      66030 Asuransi non jiwa Kelompok ini mencakup usaha perasuransian dan reasuransi yang khusus menanggung resiko atas kerugian, kehilangan harta benda/milik termasuk juga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang mungkin terjadi terhadap benda/milik tertanggung karena sebab-sebab tertentu dengan suatu nilai pertanggungan yang besarnya telah ditentukan dan disetujui oleh kedua belah pihak yang dicantumkan dalam surat perjanjian.
67       JASA PENUNJANG PERANTARA KEUANGAN
  671     JASA PENUNJANG PERANTARA KEUANGAN KECUALI ASURANSI DAN DANA PENSIUN (PASAR MODAL)
    6711   ADMINISTRASI PASAR MODAL
      67111 Bursa efek Kelompok ini mencakup usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran (jual dan beli) efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek diantara mereka.
      67112 Lembaga kliring dan penjaminan Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien.
      67113 Lembaga penyimpanan dan penyelesaian Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang menyelenggarakan kustodian sentral bagi Bank Kustodian, Perusahaan Efek dan pihak lain dan penyelesaian transaksi bursa yang teratur, wajar dan efisien.
    6712   JASA YANG BERKAITAN DENGAN EFEK
      67121 Penjamin emisi efek (underwriter) Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang membuat kontrak dengan emiten untuk melakukan penawaran umum bagi kepentingan emiten dengan atau tanpa kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.
      67122 Perantara pedagang efek (broker dealer) Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang melakukan jual beli efek untuk kepentingan pemberi amanat. Jual beli efek untuk kepentingan sendiri dimasukkan dalam subgolongan 6599.
      67123 Manager investasi Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    6713   JASA PERANTARA KEUANGAN YANG MENUNJANG KEGIATAN ADMINISTRASI PASAR MODAL DAN JASA YANG BERKAITAN DENGAN EFEK
      67131 Wali amanat (trustee) Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang dipercayakan untuk mewakili kepentingan seluruh pemegang obligasi.
      67132 Biro administrasi efek Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang berdasarkan kontrak dengan emiten melaksanakan pencatatan pemilikan efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan efek.
      67133 Kustodian (custodian) Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang memberikan jasa penitipan efek dan harta lain yang berkaitan dengan efek serta jasa lain, termasuk menerima deviden, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.
      67134 Lembaga pemeringkat efek Kelompok ini mencakup kegiatan usaha pihak yang memeringkat obligasi dan efek yang bersifat hutang lainnya. Pemeringkatan ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada investor untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pokok pinjaman dan bunganya.
    6719   JASA PENUNJANG KEUANGAN LAINNYA
      67191 Jasa penukaran mata uang (money changer) Kelompok ini mencakup jasa penukaran berbagai jenis mata uang. Termasuk pelayanan penjualan mata uang.
      67199 Jasa penunjang keuangan lainnya yang tidak diklasifikasikan dl tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa penunjang keuangan lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain seperti: penasihat keuangan, mortgage advisers and brokers.
  672     JASA PENUNJANG ASURANSI DAN DANA PENSIUN
    6720   JASA PENUNJANG ASURANSI DAN DANA PENSIUN
      67201 Agen asuransi Kelompok ini mencakup kegiatan badan usaha yang bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi dalam memasarkan atau menjual suatu produk asuransi.
      67202 Adjuster Kelompok ini mencakup kegiatan usaha seseorang atau badan usaha independen yang bertugas memeriksa penyebab, menaksir, dan menghitung kerugian-kerugian yang diderita tertanggung karena suatu musibah, dan memberikan pendapat atau pandangannya apakah kerugian tersebut disebabkan oleh resiko-resiko yang dijamin sesuai polis yang dikeluarkan.
      67203 Aktuaria Kelompok ini mencakup kegiatan usaha perseorangan yang menerapkan prinsip-prinsip matematika untuk menentukan atau menghitung kemungkinan-kemungkinan berdasarkan data-data statistik dalam menyusun atau merancang berbagai jenis program asuransi jiwa, dan menentukan besarnya tarif premi.
      67204 Broker Kelompok ini mencakup kegiatan badan usaha yang memberikan jasa dalam rangka pelaksanaan penutupan objek asuransi kerugian milik tertanggung kepada perusahaan-perusahaan asuransi kerugian sebagai penanggung.
      67209 Jasa penunjang asuransi dan dana pensiun lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan usaha jasa penunjang asuransi dan dana pensiun lainnya yang belum tercakup dalam kelompok 67201 s.d 67204.
   
© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 13335 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :