Senin, 28 Juli 2014  

Belajar Perpajakan

Kelompok Lapangan Usaha Kategori O : Jasa Kemasyarakatan, Sosial, dan Kegiatan Lainnya

A A A 

GP G SG KEL URAIAN KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA
KATEGORI O: JASA KEMASYARAKATAN, SOSIAL, DAN KEGIATAN LAINNYA
         
90       JASA KEBERSIHAN
  900     JASA KEBERSIHAN
    9000   JASA KEBERSIHAN
      90001 Jasa kebersihan pemerintah Kelompok ini mencakup usaha jasa kebersihan yang dikelola oleh pemerintah, seperti: pembersihan sampah dan selokan, sistem pembuangan dan pengeringan air, penyedotan tinja, penyemprotan kuman, dan usaha jasa kebersihan lainnya yang sejenis.
      90002 Jasa kebersihan swasta Kelompok ini mencakup usaha jasa kebersihan yang dikelola oleh swasta, seperti: pembersihan sampah dan selokan, sistem pembuangan dan pengeringan air, dan usaha jasa kebersihan lainnya yang sejenis.
91       KEGIATAN ORGANISASI YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
  911     ORGANISASI BISNIS, PENGUSAHA DAN PROFESIONAL
    9111   ORGANISASI BISNIS DAN PENGUSAHA
      91110 Organisasi bisnis dan pengusaha Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi pengusaha perdagangan, seperti: KADIN, GFEI, GINSI, organisasi pedagang, dan organisasi pengusaha lainnya.
    9112   ORGANISASI PROFESIONAL
      91121 Organisasi sains sosial dan masyarakat Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi profesional yang bergerak dibidang sains sosial dan masyarakat, seperti: HIPSI, PWI, IDI, PGRI, ISEI, dan IBI.
      91122 Organisasi sains alami dan teknologi Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi profesional yang bergerak di bidang sains alami dan teknologi,seperti: PII, dan ISI.
  912     ORGANISASI BURUH
    9120   ORGANISASI BURUH
      91200 Organisasi buruh Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi yang bergerak dalam bidang ketenagakerjaan, seperti: SPSI, SOKSI, dan KORPRI.
  919     ORGANISASI LAINNYA
    9191   ORGANISASI KEAGAMAAN
      91910 Organisasi keagamaan Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi keagamaan yang bergerak dalam penyelenggaraan kegiatan agama dan penyebaran agama, seperti: Agama Islam, Protestan, Katholik, Hindu dan Budha.
    9192   ORGANISASI POLITIK
      91920 Organisasi politik Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi yang bergerak dalam bidang politik.
    9199   ORGANISASI SOSIAL MASYARAKAT
      91990 Organisasi sosial masyarakat Kelompok ini mencakup kegiatan organisasi yang bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan, seperti: LSM, KNPI, KOWANI.
92       JASA KREASI, KEBUDAYAAN, DAN OLAH RAGA
  921     KEGIATAN PERFILMAN, RADIO, TELEVISI, DAN HIBURAN LAINNYA
    9211   PRODUKSI DAN DISTRIBUSI FILM, SERTA VIDEO
      92111 Produksi dan distribusi film, serta video oleh pemerintah Kelompok ini mencakup usaha pembuatan dan pendistribusian film dan video untuk pertunjukan yang dikelola oleh pemerintah termasuk editing, cutting, dubbing, titling film atas dasar balas jasa juga usaha pembuatan film untuk televisi dan jasa pengiriman film dan agen pembukuan film. Duplikasi film, dan reproduksi audio/video dari master copies dimasukkan dalam subgolongan 2230.
      92112 Produksi dan distribusi film, serta video oleh swasta Kelompok ini mencakup usaha pembuatan dan pendistribusian film dan video untuk pertunjukan yang dikelola oleh swasta, termasuk editing, cutting, dubbing, titling film, juga usaha pembuatan film untuk televisi dan jasa pengiriman film dan agen pembukuan film.
    9212   KEGIATAN BIOSKOP
      92120 Kegiatan bioskop Kelompok ini mencakup usaha penyewaan film atau video tape dan penyeleng-gara usaha bioskop yang dikelola baik oleh pemerintah maupun swasta.
    9213   KEGIATAN RADIO DAN TELEVISI
      92131 Kegiatan radio dan televisi oleh pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha penyelengggaraan siaran radio dan televisi, termasuk juga station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
      92132 Kegiatan radio dan televisi oleh swasta Kelompok ini mencakup kegiatan dalam usaha penyelenggaraan siaran radio dan televisi yang dikelola oleh swasta. Kegiatan pemancaran radio dan televisi secara langsung atau pemancaran ulang yang didasarkan atas dasar balas jasa (fee) dan kontrak dimasukkan dalam kelompok 64202.
    9214   KEGIATAN DRAMA, MUSIK DAN HIBURAN LAINNYA
      92141 Kegiatan drama, musik dan hiburan lainnya oleh pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha menyelenggarakan hiburan baik melalui siaran radio dan televisi maupun tidak, seperti: drama seri, pagelaran musik, dengan tujuan sebagai media hiburan.
      92142 Kegiatan drama, musik dan hiburan lainnya oleh swasta Kelompok ini mencakup usaha pertunjukan kesenian dan hiburan panggung yang dikelola oleh swasta, seperti: opera, sandiwara, perkumpulan kesenian daerah (wayang orang, lenong), juga usaha jasa hiburan seperti: band, orkestra, dan sejenisnya. Termasuk kegiatan novelis, penulis cerita dan pengarang lainnya, aktor, penyanyi, penari sandiwara, penari dan seniman panggung lainnya yang sejenis. Termasuk pula usaha kegiatan produser radio, televisi, dan film, penceramah, pelukis, kartunis, dan pemahat patung.
      92143 Jasa penunjang hiburan Kelompok ini mencakup usaha jasa penunjang hiburan, sepertl: jasa juru kamera, juru lampu, juru rias, penata musik, dan jasa peralatan lainnya sebagai penunjang seni panggung. Termasuk juga agen penjualan karcis/tiket pertunjukkan seni dan hiburan.
    9219   KEGIATAN HIBURAN LAINNYA
      92190 Kegiatan hiburan lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan dalam usaha menyelenggarakan hiburan kepada masyarakat oleh pemerintah maupun swasta yang belum tercakup dalam subgolongan 9211 s.d. 9214 sebagai media hiburan.
  922     KEGIATAN KANTOR BERITA
    9220   KEGIATAN KANTOR BERITA
      92201 Kegiatan kantor berita oleh pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha mencari, mengumpulkan, mengolah dan sekaligus mempublikasikan berita melalui media cetak elektronik, dengan tujuan untuk menyampaikannya kepada masyarakat sebagai informasi, seperti: kantor berita Antara.
      92202 Kegiatan kantor berita oleh swasta Kelompok ini mencakup usaha mengumpulkan dan menyebarluaskan berita melalui media cetak maupun elektronik dengan tujuan untuk menyampaikannya kepada masyarakat sebagai informasi yang dikelola oleh swasta.
      92203 Penulis berita (free lance) oleh swasta Kelompok ini mencakup usaha mencari berita yang dilakukan oleh perorangan maupun swasta sebagai bahan informasi.
  923     PERPUSTAKAAN, ARSIP, MUSEUM, DAN KEGIATAN KEBUDAYAAN LAINNYA
    9231   PERPUSTAKAAN DAN ARSIP
      92311 Perpustakaan dan arsip pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha memperoleh, merawat, mengkomunikasikan yang berkaitan dengan perpustakaan dengan kearsipan yang tidak ada hubungannya dengan lembaga pendidikan, jasa kebudayaan lain yang tidak termasuk dalam golongan manapun.
      92312 Perpustakaan swasta Kelompok ini mencakup kegiatan perpustakaan yang dikelola oleh swasta.
    9232   MUSEUM DAN PENINGGALAN SEJARAH
      92321 Museum pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha memberikan pelayanan kepada masyarakat tentang jasa museum untuk tujuan pendidikan, pengetahuan kepuasan, seperti: perawatan barang-barang museum, mengkomunikasikan dan memamerkan barang-barang museum, penjagaan dan hal-hal lain yang ada kaitannya dengan jasa museum termasuk juga jasa galeri.
      92322 Museum swasta Kelompok ini mencakup kegiatan museum yang dikelola oleh swasta.
      92323 Peninggalan sejarah yang dikelola pemerintah Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam usaha pengelolaan bangunan tempat peninggalan bersejarah yang berumur sekurang-kurangnya 5O tahun, atau mewakili masa gaya yang khas, dan mewakili gaya sekurang-kurangnya 5O tahun, serta dianggap mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
      92324 Peninggalan sejarah yang dikelola swasta Kelompok ini mencakup kegiatan pengelolaan peninggalan sejarah oleh swasta.
    9233   KEBUN RAYA, KEBUN BINATANG DAN TAMAN KONSERVASI ALAM
      92331 Kebun raya dan kebun binatang Kelompok ini mencakup kegiatan pemerintah dalam hal usaha jasa yang menyangkut tempat-tempat rekreasi, seperti: kebun raya, kebun binatang, taman laut, dan suaka margasatwa.
      92332 Taman nasional (tn) Kelompok ini mencakup kegiatan untuk menyelenggarakan usaha sarana dan prasarana pariwisata alam di zona pemanfaatan yang bertujuan meningkatkan pemanfaatan gejala keunikan dan keindahan alam untuk kegiatan rekreasi, ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta konservasi sumber daya alam yang diselenggarakan oleh pemerintah, seperti: gunung Leuser (Aceh), danau Kalimutu (NTT), dan gunung Palung (Kalimantan Barat).
      92333 Taman hutan raya (tahura) Kelompok ini mencakup kegiatan untuk menyelenggarakan usaha sarana dan prasarana pariwisata alam di zona pemanfaatan yang bertujuan meningkatkan pemanfaatan gejala keunikan dan keindahan alam untuk kegiatan rekreasi, ilmu pengetahuan dan kebudayaan serta konservasi sumber daya alam seperti: Seulawah (Aceh), Bukit Barisan (Sumatra Utara), Curug Dago (Jawa Barat), dan Sultan Adam (Kalimantan Selatan)
      92334 Taman wisata alam (twa) Kelompok ini mencakup kegiatan untuk menyelenggarakan usaha sarana dan prasarana pariwisata alam di blok pemanfaatan yang bertujuan untuk pariwisata dan rekreasi alam, seperti: pulau Weh (Aceh), Tangkuban Perahu (Jawa Barat), dan Bukit Soeharto I (Kalimantan Timur).
      92335 Hutan lindung (hl), suaka margasatwa (sm), dan cagar alam(ca) Kelompok ini mencakup kegiatan untuk menyelenggarakan kegiatan rekreasi terbatas, seperti: Cagar Alam Raya Pasi (Kalimantan Barat), dan Suaka Margasatwa Danau Sentarum (Kalimantan Barat).
      92336 Taman buru dan kebun buru Kelompok ini mencakup kegiatan untuk menyelenggarakan usaha perburuan, penyediaan sarana dan prasarana berburu dl blok pemanfaatan, seperti: Taman Buru di Komara (Sulawesi Selatan).
      92339 Kebun raya, kebun binatang dan taman konservasi alam lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan yang belum tercakup pada kelompok 92331 s.d 92336, seperti: Taman laut.
  924     OLAHRAGA DAN KEGIATAN REKREASI LAINNYA
    9241   KEGIATAN OLAHRAGA
      92411 Billiard Kelompok ini mencakup usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk permainan billiard termasuk organisasi/club dari olahraga tersebut sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum. Penyelenggaraan sekolah/pendidikan olahraga yang dikelola sendiri dicakup dalam kelompok ini.
      92412 Padang golf Kelompok ini mencakup usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas usaha olahraga golf termasuk organisasi/club dari olahraga tersebut di suatu kawasan tertentu sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi. Penyelenggaraan sekolah/ pendidikan olahraga golf yang dikelola sendiri dicakup dalam kelompok ini.
      92413 Boling Kelompok ini mencakup usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk olahraga boling termasuk organisasi/club dari olahraga tersebut sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum. Penyelenggaraan sekolah/pendidikan olahraga boling yang dikelola sendiri dicakup dalam kelompok ini.
      92414 Gelanggang renang Kelompok ini mencakup usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk berenang, taman dan arena bermain anak-anak sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum. Termasuk organisasi/club dari olahraga renang. Penyelenggaraan sekolah/pendidikan olahraga renang yang dikelola sendiri dicakup dalam kelompok ini.
      92419 Kegiatan olahraga lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan olahraga selain 92411 s.d. 92414.
    9242   JASA REKREASI
      92421 Taman rekreasi Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan berbagai jenis fasilitas untuk memberikan kesegaran jasmani dan rohani yang mengandung unsur hiburan, pendidikan dan kebudayaan sebagai usaha pokok di suatu kawasan tertentu (termasuk pantai) dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi.
      92422 Pemandian alam Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk mandi dengan memanfaatkan air panas dan atau air terjun sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi.
      92423 Kolam pemancingan Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk memancing ikan sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum
      92424 Gelanggang permainan dan ketangkasan Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk permainan ketangkasan dan atau mesin permainan sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum.
      92425 Kelab malam (night club) dan atau diskotik Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk menari dengan diiringi musik hidup, atraksi pertunjukan lampu dan menyediakan jasa pelayanan makan dan minum serta pramuria.
      92426 Panti pijat Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk pijat sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum.
      92427 Panti mandi uap Kelompok ini mencakup suatu usaha yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk mandi uap sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan pijat dan penyediaan jasa pelayanan makan dan minum.
      92429 Jasa rekreasi lainnya Kelompok ini mencakup kegiatan yang tidak tercakup dalam 92421 s.d. 92427, seperti: karaoke.
    9243   OBJEK DAN DAYA TARIK WISATA MINAT KHUSUS
      92431 Wisata argo Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan dengan memanfaatkan tanaman pangan dan holtikultura, perkebunan, perikanan dan peternakan sebagai usaha pokok dan dapat dilengkapi dengan penyediaan berbagai jenis fasilitas termasuk jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi
      92432 Wisata tirta Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan untuk mengadakan kegiatan selancar, selancar angin, para layar dan motor air sebagai usaha pokok di suatu kawasan tertentu dan dapat dilengkapi dengan penyediaan berbagai jenis termasuk jasa pelayanan makan dan minum serta akomodasi. Termasuk juga usaha dengan pengelolaan dengan pemanfaatan sungai-sungai arus deras untuk mengadakan kegiatan arung jeram sebagai usaha pokok di kawasan tertentu.
      92433 Wisata petualangan alam Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan untuk mengadakan kegiatan petualangan alam dengan menjelajahi hutan.
      92434 Wisata gua Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan untuk mengadakan kegiatan petualangan dan ekspedisi gua sebagai usaha pokok di suatu kawasan tertentu dan dapat dilengkapi dengan penyediaan berbagai jenis pemandu, pelayanan makan dan minum serta akomodasi.
      92439 Wisata minat khusus lainnya Kelompok ini mencakup suatu usaha pengelolaan untuk mengadakan kegiatan wisata minat khusus lainnya yang belum dicakup pada kelompok 92431 s.d 92434.
93       JASA KEGIATAN LAINNYA
  930     JASA KEGIATAN LAINNYA
    9301   JASA BINATU
      93010 Jasa binatu Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan pencucian, binatu, pencelupan dan tisi barang-barang tekstil jadi untuk keperluan rumah tangga maupun industri perorangan, seperti: taplak meja, seprei, karpet, termasuk juga pakaian dan barang tekstil jadi. Juga pencucian (shampooing) carpet, dan rug serta curtain garden.
    9302   PEMANGKAS RAMBUT DAN SALON KECANTIKAN
      93021 Pangkas rambut Kelompok ini mencakup usaha jasa pemangkas dan perawatan rambut yang melayani masyarakat umum, termasuk juga pemangkas kumis, jambang maupun jenggot, yang biasanya dilakukan oleh perorangan.
      93022 Salon kecantikan Kelompok ini mencakup usaha jasa pemeliharaan rambut dan perawatan kecantikan, seperti: kulit muka, dan perawatan muka, seperti make-up dan sejenisnya.
    9303   JASA PEMAKAMAN
      93030 Jasa pemakaman Kelompok ini mencakup usaha jasa pemakaman, seperti: penggalian kubur, penyediaan mobil jenazah, dan hal-hal yang menyangkut proses pemakaman untuk melayani masyarakat.
    9309   JASA LAINNYA
      93091 Jasa penjahitan Kelompok ini mencakup usaha menjahit, vermak pakaian, yang melayani masyarakat umum dengan tujuan komersil.
      93092 Jasa penyaluran tenaga kerja Kelompok ini mencakup usaha jasa penampungan dan penyaluran para tuna karya yang siap pakai.
      93093 Jasa pelayanan kebugaran Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan yang berkaitan dengan kesegaran jasmani dan kenyamanan, seperti: pijat perorangan/pijat tuna netra dan lainnya.
      93094 Jasa perorangan yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa perorangan yang belum termasuk dalam kelompok 93091 s.d. 93093. Seperti: tukang semir sepatu, tukang pijat, penunjuk jalan yang dilakukan atas dasar balas jasa, konsultasi pernikahan. Termasuk pula kegiatan pengelolaan WC umum.
© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 7589 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :