Minggu, 16 Desember 2018  

Belajar Perpajakan

Natura dan Kenikmatan

A A A 

Sebutkan penggantian imbalan dalam bentuk natura dan kenikmatan di daerah tertentu menurut UU No 10 Tahun 1994 !

  1. Penggantian imbalan dalam bentuk natura dan kenikmatan di daerah tertentu (KEP - 213/PJ./2001 Jo 466/KMK.04/2000)

  •  

Daerah tertentu adalah daerah terpencil yaitu daerah yang secara ekonomis mempunyai potensi untuk dikembangkan namun sarana dan prasarananya kurang memadai dan sulit dijangkau oleh transportasi umum atau daerah perairan laut yang mempunyai kedalaman lebih dari 50 (lima puluh) meter yang dasar lautnya memiliki cadangan mineral.

  •  

Definisi penyediaan makanan dan minuman bagi para pegawai perusahaan di tempat kerja bukanlah ditekankan pada tempat kerja, melainkan pada aktivitas penyediaan makanan dan minumannya, sehingga tidak mutlak harus seluruh pegawai perusahaan termasuk dewan direksi dan dewan komisaris makan dan minum di tempat kerja.   

  •  

Apabila terdapat sejumlah pegawai yang tidak dapat memanfaatkan atau tidak memperoleh fasilitas in-natura tersebut di tempat kerja karena sifat pekerjaannya yang tidak memungkinkan, maka hal tersebut tidak membatalkan pembebanan biaya bagi perusahaan dan pengecualian penghasilan bagi karyawan.

  •  

Tempat kerja adalah tempat dimana para pegawai melakukan aktivitas pekerjaan perusahaan secara rutin, seperti : gedung kantor, pabrik, bengkel, lokasi usaha, lapangan kerja (proyek), termasuk lingkungan terdekat di sekitar tempat kerja tersebut (S - 322/PJ.312/2004).

  •  

Penyediaan makanan dan minuman bagi seluruh pegawai tidak harus dilaksanakan sendiri oleh perusahaan, melainkan dapat menggunakan jasa catering, rumah makan, atau kantin umum, sepanjang dilakukan di tempat kerja dan dilakukan pada jam kerja.

  •  

Pemberian kupon yang dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman yang diterbitkan oleh pihak pemberi jasa tidak memenuhi ketentuan penyediaan makanan dan minuman di tempat kerja.

  •  

Pemberian imbalan dalam bentuk natura dan kenikmatan di daerah tertentu dapat dikurangkan dari penghasilan bruto pemberi kerja dan bukan penghasilan bagi pegawai.

  •  

Pengeluaran untuk penyediaan makanan dan minuman bagi seluruh pegawai dapat dikurangkan dari penghasilan bruto pemberi kerja atau perusahaan dan bukan merupakan penghasilan bagi pegawai.

  •  

Penggantian atau imbalan dalam bentuk natura dan kenikmatan di daerah tertentu yang dapat dikurangkan dari penghasilan bruto berupa :

 

a.

tempat tinggal, termasuk perumahan bagi pegawai dan keluarganya, sepanjang di lokasi bekerja tersebut tidak ada tempat tinggal yang dapat disewa;

 

b.

pelayanan kesehatan, sepanjang dilokasi bekerja tersebut tidak ada sarana kesehatan;

 

c.

pendidikan bagi pegawai dan keluarganya, sepanjang di lokasi bekerja tersebut tidak ada sarana pendidikan yang setara;

 

d.

pengangkutan bagi pegawai di Lokasi bekerja, sedangkan pengangkutan anggota keluarga dari pegawai yang bersangkutan terbatas pada pengangkutan sehubungan dengan kedatangan pertama ke Iokasi bekerja dan kepergian pegawai dan keluarganya karena terhentinya hubungan kerja;

 

e.

olahraga bagi pegawai dan keluarganya tidak termasuk golf, boating dan pacuan kuda, sepanjang di Iokasi bekerja tersebut tidak tersedia sarana dimaksud.

  •  

Pengeluaran dalam bentuk natura dan kenikmatan dibebankan sebagai biaya oleh pemberi kerja pada tahun pajak biaya tersebut dibayarkan atau terutang.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 10799 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :