Minggu, 26 Oktober 2014  

Belajar Perpajakan

Transfer Pricing Yang Dipengaruhi Hubungan Istimewa

A A A 

TRANSFER PRICING YANG DIPENGARUHI HUBUNGAN ISTIMEWA


-

Apabila terdapat harga transaksi yang tidak wajar antara pihak-pihak yang mempunyai hubungan istimewa, Dirjen Pajak berwenang untuk melakukan koreksi harga transaksi tersebut ke harga pasar wajar pada saat terjadinya transaksi.

-

Metode penentuan harga wajar atas transaksi yang dipengaruhi hubungan istimewa :

-

Metode Comparable Uncontrolled Price (penerapan harga pasar sebanding dalam perusahaan yang sama) ; yaitu bahwa harga jual yang dipengaruhi hubungan istimewa ditetapkan sama dengan harga jual atas barang yang sama kepada pembeli yang tidak terdapat hubungan istimewa.

-

Metode Harga Pasar Sebanding untuk Barang Sejenis ; yaitu bahwa harga jual yang dipengaruhi hubungan istimewa ditetapkan sama dengan harga jual yang terjadi pada perusahaan sejenis untuk barang yang sejenis yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa.

-

Metode Cost Plus (Harga Pokok Plus) ; yaitu bahwa harga jual yang dipengaruhi hubungan istimewa ditetapkan sama dengan harga pokok ditambah laba kotor perusahaan sejenis (Comparable Mark Up).

-

Metode Sales Minus/Resale Price Methode (Harga Jual Retail Minus) ; yaitu bahwa harga jual yang dipengaruhi hubungan istimewa ditetapkan sama dengan harga jual retailer dikurangi dengan laba kotor sebanding yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa.

-

Metode Comparable Profit/Comparable Return on Invesment (Tingkat laba sebanding/Tingkat hasil investasi sebanding) ; yaitu bahwa harga penjualan yang dipengaruhi hubungan istimewa ditetapkan dengan menerapkan tingkat laba kotor secara keseluruhan (agregate) perusahaan sejenis yang tidak dipengaruhi hubungan istimewa.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 8397 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :