Sabtu, 21 April 2018  

Belajar Perpajakan

Penerapan P 3 B ( SE-03/PJ.101/1996 )

A A A 

Penerapan P 3 B ( SE - 03/PJ.101/1996 ) :

-

Dalam P3B diatur ketentuan-ketentuan tentang pemotongan PPh Pasal 26 dengan tarif yang lebih rendah atau pembebasan PPh Pasal 26 terhadap beberapa jenis penghasilan yang dibayar atau terutang di Indonesia kepada wajib pajak luar negeri yang berkedudukan di negara-negara treaty partner.

-

Dalam penerapan P3B tersebut wajib pajak luar negeri wajib menyerahkan Surat Keterangan Domisili Asli kepada pihak yang berkedudukan di Indonesia yang membayar penghasilan, dan menyampaikan foto kopinya kepada Kepala KPP tempat pihak yang membayar penghasilan terdaftar.

-

Apabila Surat Keterangan Domisili (SKD) akan digunakan untuk lebih dari satu pembayar penghasilan, maka wajib pajak luar negeri dapat menyampaikan foto kopi SKD yang telah dilegalisasi Kepala KPP tempat salah satu pihak pembayar penghasilan terdaftar. Kepala KPP yang melegalisasi foto kopi SKD tersebut wajib memegang aslinya.

-

SKD tidak diperlukan bagi bank-bank atau lembaga-lembaga keuangan yang secara tegas disebut dalam P3B yang bersangkutan. Dalam hal terdapat bank-bank atau lembaga keuangan yang tidak disebut secara tegas dalam P3B, tetapi berdasarkan persetujuan Competent Authority Indonesia dan negara Treaty Partner yang bersangkutan disetujui sebagai badan yang penghasilannya dibebaskan dari pemotongan PPh Pasal 26, maka bank atau lembaga keuangan tersebut diperlakukan sama dengan bank atau lembaga keuangan yang secara tegas disebutkan dalam P3B, yaitu tidak diperlukan SKD.

-

SKD diterbitkan oleh Competent Authority atau wakilnya yang sah di negara treaty partner. Namun demikian, SKD yang diterbitkan oleh Pejabat Kantor Pajak tempat wajib pajak luar negeri yang bersangkutan terdaftar dapat diterima dan dipersamakan dengan SKD yang diterbitkan oleh Competent Authority.

-

SKD berlaku selama 1 tahun sejak tanggal diterbitkan, kecuali untuk wajib pajak bank. Bagi wajib pajak bank, SKD berlaku selama bank tersebut beralamat yang sama dengan alamat yang tercantum pada SKD.

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 4150 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :