Kamis, 23 Nopember 2017  

Belajar Perpajakan

Fasilitas Khusus Perusahaan Kepada Karyawannya

A A A 

FASILITAS KHUSUS PERUSAHAAN KEPADA KARYAWANNYA

Pajak Penghasilan Atas Penjualan Barang Atau Pemberian Kredit Dengan Fasiltas Khusus Yang Diberikan Oleh Perusahaan Kepada Karyawannya (SE - 16/PJ.43/1999)

  1. Pemberian fasilitas berupa harga jual barang yang lebih murah atau tingkat suku bunga pinjaman yang lebih rendah oleh perusahaan kepada karyawannya merupakan penggantian atau imbalan sehubungan dengan pekerjaan atau jasa yang diterima atau diperoleh dalam bentuk kenikmatan. Dengan demikian, kenikmatan tersebut bukan merupakan penghasilan bagi pegawai yang menerimanya dan tidak boleh dibiayakan oleh perusahaan.

  2. Apabila terjadi penjualan barang oleh perusahaan kepada karyawannya dengan harga khusus (lebih murah dari harga pasar) dan harga jual khusus tersebut lebih rendah dari harga pokok, maka selisih harga pokok barang tersebut dengan harga jual khusus merupakan koreksi fiskal terhadap harga pokok penjualannya karena tidak boleh dibiayakan.

  3. Apabila terjadi pemberian pinjaman (kredit) oleh perusahaan kepada karyawannya dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah dari tingkat suku bunga yang berlaku di pasar, maka selisih tingkat suku bunga yang dibayar oleh perusahaan kepada pihak lain (tingkat suku bunga pinjaman yang dibayarkan untuk dana tersebut) dengan bunga yang dibebankan kepada karyawan, merupakan koreksi fiskal bagi perusahaan yang memberikan pinjaman karena tidak boleh dibiayakan.

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 5044 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :