Sabtu, 21 April 2018  

Belajar Perpajakan

Pajak Penghasilan Atas Stock Option

A A A 

PAJAK PENGHASILAN ATAS STOCK OPTION

  • Apa yang dimaksud dengan stock option ?

  • Apa yang dilakukan karyawan apabila karyawan tersebut menggunakan haknya dan terjadi kenaikan harga pasar saham ?

  • Apa yang dimaksud dengan potongan harga dan capital gain ?

  • Apakah pada saat opsi saham telah menjadi penghasilan bagi karyawan ? Dan bagaimana apabila karyawan yang bersangkutan menjual atau mengalihkannya kepada pihak lain ? Dan berilah contohnya ! Lalu bagaimana dengan perlakuan pajaknya !

PAJAK PENGHASILAN ATAS STOCK OPTION (SE - 13/PJ.43/1999)

-

Stock option adalah janji atau penawaran yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan atau orang pribadi dari kalangan terbatas untuk membeli sahamnya dengan harga tertentu dan dalam jangka waktu yang ditentukan.      

-

Penawaran akan dicabut kembali setelah melewati jangka waktu yang ditentukan.

-

Apabila karyawan menggunakan haknya dan terjadi kenaikan harga pasar saham, maka karyawan yang bersangkutan dapat menjual kembali saham pada saat itu atau menyimpannya sebagai investasi untuk dijual kembali di kemudian hari.

-

Potongan harga adalah selisih antara harga pasar dengan harga jual saham yang ditawarkan perusahaan.

-

Capital gain adalah selisih antara harga jual dengan harga perolehan saham.

-

Penghasilan  pemegang saham dapat berupa dividen atau capital gain.

-

Pada saat opsi (hak karyawan untuk membeli saham perusahaan yang ditawarkan), saham tersebut belum menjadi penghasilan bagi karyawan yang menerima dan bukan biaya bagi perusahaan yang memberikan.

-

Apabila karyawan yang bersangkutan menjual atau mengalihkannya kepada pihak lain, maka selisih harga jual dengan harga pasar merupakan penghasilan yang terutang pajak penghasilan.

Contoh Soal :

Pada tanggal 1 Januari 2001, perusahaan memberi stock option kepada karyawannya di Indonesia untuk membeli saham perusahaan induk yang telah masuk bursa di luar negeri dalam jangka waktu sampai 30 Juni 2001 pada harga tertentu. Harga patokan saham sebesar US$ 40. Harga pasar saham pada tanggal 30 Juni 2001 adalah US$ 60. Pada tanggal 30 September 2001, karyawan menjual saham pada harga US$ 70.

Perlakuan perpajakannya sebagai berikut :

-

Karyawan akan memperoleh spread sebesar US$ 20 (US$ 60 - US$ 40), yang diperlakukan sebagai bonus dan merupakan objek PPh 21/26.

-

Perusahaan boleh membebankan bonus tersebut sebagai pengurang penghasilan bruto pada tahun hak atas stock option tersebut digunakan.

-

Karyawan harus membayar pajak atas laba sebesar US$ 10, yaitu selisih antara harga jual (US$70) dengan harga pasar saham (US$ 60)

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 7180 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :