Sabtu, 20 Januari 2018  

Belajar Perpajakan

Tindakan Penagihan

A A A 

 

Apa yang dimaksud dengan tindakan penagihan pajak?
Pasal 1 ayat (9) UU PPSP
Tindakan penagihan pajak dapat berupa menegur atau memperingatkan, melaksanakan penagihan seketika dan sekaligus, memberitahukan Surat Paksa, mengusulkan pencegahan, melaksanakan penyitaan, melaksanakan penyanderaan (gijzeling) , menjual barang yang telah disita.


 

Kapan saat dimulainya tindakan penagihan pajak?
Pasal 5 KMK 561/KMK.04/2000
Tindakan penagihan pajak dilakukan 7 (tujuh) hari setelah jatuh tempo pembayaran skp/STP atau surat sejenis dan belum dibayar lunas, dengan diterbitkan Surat Teguran, Surat Peringatan atau surat lain yang sejenis.
   


Siapa pelaksana Penagihan Pajak?

Pasal 5 UU PPSP
Jurusita Pajak

Dapatkah Kepala KPP melakukan tindakan penagihan atas utang PBB dan atau BPHTB?
Pasal 4 ayat (3) KMK No. 561/KMK.04/2000
Dapat, sepanjang ada permintaan dari Kepala KPPBB kepada Kepala KPP. Demikian pula sebaliknya Kepala KPPBB dapat melakukan tindakan penagihan atas utang PPh, PPN dan PPnBM sepanjang ada permintaan dari Kepala KPP.


 

Bagaimana tindakan pelaksanaan penagihan utang pajak?
  UU PPSP
1. Diawali dengan penerbitan Surat Teguran, Surat Peringatan atau surat lain yang sejenis oleh Pejabat atau kuasa yang ditunjuk oleh Pejabat tersebut setelah 7 (tujuh) hari sejak saat jatuh tempo pembayaran.
2. Apabila setelah lewat waktu 21 hari sejak diterbitkannya Surat Teguran, utang pajak yang masih harus dibayar tidak dilunasi oleh Penanggung Pajak, Pejabat segera menerbitkan Surat Paksa.
3. Apabila dalam jangka waktu 2 x 24 jam setelah Surat Paksa diberitahukan, utang pajak yang masih harus dibayar tidak dilunasi oleh Penanggung Pajak, Pejabat segera menerbitkan Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan.
4. Apabila dalam jangka waktu 14 hari setelah Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan diberitahukan utang pajak yang masih harus dibayar tidak dilunasi oleh Penanggung Pajak, Pejabat segera menerbitkan pengumuman Lelang.
5. Apabila dalam jangka waktu 14 hari setelah pengumuman lelang, utang pajak yang masih harus dibayar tidak dilunasi oleh Penanggung Pajak, Pejabat segera melaksanakan penjualan secara lelang.

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 7185 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :