Sabtu, 30 Agustus 2014  

Belajar Perpajakan

SPT Masa PPN

A A A 

Pengertian SPT Masa PPN (PER - 160/PJ/2006)

  1. Bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menerbitkan Faktur Pajak Standar kurang dari 30 (tiga puluh) dalam 1 (satu) Masa Pajak, SPT Masa PPN adalah Surat Pemberitahuan baik dalam bentuk formulir kertas (hard copy) maupun dalam bentuk elektronik.
  2. Bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang menerbitkan Faktur Pajak Standar lebih dari 30 (tiga puluh) dalam 1 (satu) Masa Pajak, SPT Masa PPN adalah Surat Pemberitahuan dalan bentuk data elektronik.
  3. Bagi Pemungut PPN, SPT Masa PPN adalah Surat Pemberitahuan yang terdiri dari Induk SPT dan Lampiran SPT baik dalam bentuk formulir kertas (hard copy) maupun dalam bentuk data elektronik.

SPT Tidak Lengkap (PER - 160/PJ/2006)

  1. Nama dan/atau NPWP tidak dicantumkan dalam SPT
  2. Elemen-elemen induk SPT dan lampiran SPT tidak atau kurang lengkap diisi
  3. Induk SPT tidak ditandatangani oleh PKP atau Pemungut PPN
  4. Induk SPT ditandatangani oleh Kuasa PKP atau Kuasa Pemungut PPN, tetapi tidak dilampiri Surat Kuasa Khusus
  5. SPT Kurang Bayar tetapi tidak dilampiri Surat Setoran Pajak
  6. SPT yang lampiran SPT-nya tidak disampaikan, kecuali SPT yang dilaporkan NIHIL karena PKP tidak ada penyerahan dan perolehan BKP dan/atau JKP atau karena pemungut PPN tidak melakukan pemungutan PPN dan PPnBM
  7. Dalam hal SPT disampaikan dalam bentuk media elektronik, maka SPT tidak lengkap terjadi apabila Induk SPT hasil cetakan yang disampaikan PKP atau Pemungut PPN tanpa disertai Lampiran SPT dalam bentuk media elektronil; atau Induk SPT hasil cetakan yang disampaikan PKP atau Pemungut PPN tidak sesuai dengan induk SPT yang ada dalam bentuk media elektronik; atau elemen-elemen data elektronik dalam bentuk media elektronik yang disampaikan oleh PKP atau Pemungut PPN tidak diisi atau diisi tidak lengkap; atau Data elektronik dalam bentuk media elektronik yang disampaikan oleh PKP atau Pemungut PPN tidak dapat diproses pada aplikasi SIP/SAPT/SIDJP
  8. Dalam hal PKP menyampaikan SPT melalui e-filing, maka SPT tidak lengkap terjadi apabila berdasarkan pengujian data elektronik, induk SPT hasil cetakan tersebut tidak sesuai dengan data elektroniknya.

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 9606 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :