Selasa, 23 Januari 2018  

Belajar Perpajakan

Fasilitas Ppn/Ppn Bm Tidak Dipungut Dalam Rangka Proyek Pemerintah Yang Dibiayai Dengan Hibah Atau Dana Pinjaman Luar Negeri

A A A 

FASILITAS DI BIDANG PPN/PPn BM

Proyek Pemerintah dengan Dana Hibah/Pinjaman Luar Negeri :

1. Fasilitas PPN/PPn BM Tidak Dipungut Atas :

a) Impor BKP
b) Pemanfaatan JKP dari luar daerah pabean
c) Pemanfaatan BKP tidak berwujud dari luar daerah pabean
d) Penyerahan BKP/JKP

yang dilakukan oleh Kontraktor Utama sehubungan dengan proyek pemerintah yang seluruh dananya berasal dari hibah atau pinjaman luar negeri.

-

Apabila proyek pemerintah tersebut hanya sebagian saja yang dananya berasal dari hibah atau pinjaman luar negeri, maka Fasilitas PPN/PPn BM Tidak dipungut hanya atas bagian yang dananya berasal dari hibah atau pinjaman luar negeri (atas pembayaran yang dananya bukan berasal dari hibah/pinjaman luar negeri harus tetap dipungut PPN/PPn BM).

-

Atas penyerahan BKP/JKP oleh kontraktor utama kepada pemerintah tetap harus diterbitkan Faktur Pajak Standar dengan dibubuhi cap "PPN/PPn BM Tidak Dipungut Eks Peraturan Pemerintah Nomor 42 TAHUN 1995 "

-

Atas perolehan BKP/JKP dari dalam Daerah Pabean oleh Kontraktor Utama untuk pelaksanaan proyek pemerintah yang dananya berasal dari hibah atau pinjaman luar negeri tetap harus dipungut PPN/PPn BM oleh PKP Pemasoknya. Pajak Masukan yang dibayar oleh Kontraktor Utama tersebut dapat dikreditkan.

-

Lihat ; Peraturan Pemerintah Nomor 42 TAHUN 1995 Jo Keputusan Menteri Keuangan Nomor : 239/KMK.01/1996 Jo SE - 19/PJ.53/1996, Peraturan Pemerintah Nomor 43 TAHUN 2000 Jo 486/KMK.04/2000 Jo SE - 01/PJ.31/2001

Apa yang dimaksud dengan kontraktor utama ?

Kontraktor Utama :

adalah ; kontraktor, konsultan, dan pemasok yang berdasarkan kontrak melaksanakan proyek pemerintah yang dibiayai dengan hibah atau pinjaman luar negeri, termasuk tenaga ahli dan tenaga pelatih yang dibiayai dengan hibah Luar Negeri.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 9415 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :