Rabu, 30 Juli 2014  

Belajar Perpajakan

Cara Pendaftaran

A A A 

Bagaimana tata cara pendaftaran ?

Cara Pendaftaran

  •  

Orang atau badan yang akan mendaftarkan diri sebagai subyek pajak/Wajib Pajak serta mendaftarkan tanah-tanah dan atau bangunan-bangunan yang dimiliki, dikuasai atau dimanfaatkannya harus mengisi suatu formulir/blanko yang disebut Surat Pemberitahuan Obyek Pajak (SPOP).

  •  

SPOP tersebut oleh orang atau badan yang Wajib Pajak harus diisi dengan ketentuan sebagai berikut :

a.

Jelas, artinya bahwa penulisan data yang diminta dalam SPOP harus dibuat sejelas-jelasnya, sehingga tidak menimbulkan salah tafsir yang dapat merugikan negara atau Wajib Pajak sendiri.

b.

Benar, artinya data yang menyangkut luas tanah dan atau bangunan, tahun dan harga perolehan, letak tanah atau bangunan serta peruntukan atau penggunaannya, yang dilaporkan/dituliskan dalam SPOP harus sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

c.

Lengkap, artinya bahwa semua kolom dalam SPOP, baik yang menyangkut subyek pajak/Wajib Pajak maupun data tanah dan atau bangunan harus diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya. Kemudian SPOP tersebut harus diberi tanggal pengisian SPOP dan ditandatangani oleh Wajib Pajak. Apabila karena sesuatu hal Wajib Pajak pengisian SPOP-nya kepada orang lain, maka Wajib Pajak tersebut harus memberikan kuasa kepada orang di maksud dengan membuatkan surat kuasa di atas materai Rp. 6.000,-.

d.

Tepat waktu, artinya SPOP yang sudah diisi oleh Wajib Pajak dengan jelas, benr, dan lengkap serta ditandatangani harus dikembalikan ke Kantor Pelayanan PBB tersebut di atas selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal diterimanya SPOP oleh Wajib Pajak.

  •  

Pengembalian SPOP oleh Wajib Pajak ke Kantor Pelayanan PBB dapat dilaksanakan dengan cara :

a.

menyerahkannya langsung ke Kantor Pelayanan PBB atau;

b.

mengirimkannya melalui pos tercatat.

  •  

Wajib Pajak yang terlambat mengembalikan SPOP atau mengembalikan SPOP sesuai dengan waktu yang ditentukan namun pengisiannya tidak benar, maka kepada Wajib Pajak yang bersangkutan dikenakan denda administrasi dan kepadanya akan diterbitkan Surat Ketetapan Pajak (SKP).

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 12393 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :