Kamis, 23 Nopember 2017  

Belajar Perpajakan

Keputusan Keberatan

A A A 

Bagaimana Mekanisme Permohonan Keberatan agar Diterima Seluruhnya ?

  • Permohonan keberatan akan diterima secara penuh apabila data/bukti-bukti yang disampaikan dalam pengajuan keberatan tersebut seluruhnya terbukti kebenarannya.
  • Dalam hal ini, atas pajak yang terhutang akan diadakan pembetulan, sesuai dengan data obyek yang disampaikan.

 

Bagaimana Mekanisme Keberatan Diterima Sebagian ?

  • Permohonan keberatan akan diterima sebagian saja apabila data/bukti-bukti yang disampaikan dalam pengajuan keberatan tersebut hanya sebagian saja yang terbukti kebenarannya

  • Dalam hal ini, besarnya pajak yang terhutang akan disesuaikan menurut keadaan yang sebenarnya dan pada SPPT dan atau SKP diadakan pembetulan seperlunya.

 

Bagaimana Mekanisme Keberatan Dapat Ditolak  ?

  • Permohonan keberatan sama sekali ditolak apabila data/bukti yang diajukan oleh wajib pajak tidak memenuhi persyaratan dan/atau tidak terbukti kebenarannya bila dibandingkan dengan data/bukti-bukti yang diperoleh dari SPOP atau dari instansi pihak lain yang terkait.

  • Pengajuan Keberatan yang Dapat Menambah Besarnya Pajak, apabila berdasarkan hasil peninjauan obyek pajak di lapangan serta data yang diperoleh dari instansi lain yang terkait, ternyata terdapat data/bukti yang menunjukkan adanya perubahan yang meningkatkan data obyek pajak. Sehingga data/bukti tersebut akan dipakai sebagai bahan untuk membetulkan data/bukti pada SPPT dan/atau SKP. Dengan demikian, bagi wajib pajak yang mengajukan keberatan tersebut besarnya pajak terhutang akan bertambah.

 

Bagaimana Mekanisme Wajib Pajak Mengajukan Keberatan dan Permohonan Pengurangan Secara Bersamaan ?

-

Wajib pajak yang mengajukan keberatan dan pengurangan secara sekaligus, maka permohonan keberatannya harus diselesaikan terlebih dahulu.

-

Kepala KPPBB wajib memberikan penjelasan secara tertulis mengenai hal-hal yang menjadi DPP PBB kepada wajib pajak.

-

Untuk mempercepat penyelesaian dan tersedianya rentang waktu pembetulan Keputusan Penyelesaian Keberatan, maka penyelesaian keberatan diupayakan selesai dalam jangka waktu 6 (enam) bulan sejak diterimanya pengajuan keberatan.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 5588 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :