Selasa, 21 Februari 2017  

Belajar Perpajakan

Klasifikasi, Penggolongan, Dan Usaha Bidang Pertambangan

A A A 


KLASIFIKASI, PENGGOLONGAN, DAN
USAHA BIDANG PERTAMBANGAN
 

Sebutkan jenis-jenis tanah pertambangan minyak dan gas Bumi !

A.   TANAH PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI

-

Tanah produktif ; adalah bumi yang dimanfaatkan untuk usaha penambangan Minyak dan Gas Bumi dalam tahap eksploitasi/penambangan. Nilai jualnya ditetapkan sebesar nilai kapitalisasi obyek pajak yaitu 9,5 x hasil bruto dalam satu tahun sebelum tahun pajak yang bersangkutan.

-

Tanah belum produktif, meliputi :

  • Tanah/perairan untuk penyelidikan/eksplorasi, yaitu tanah/perairan yang sedang atau akan dilakukan penelitian dalam usaha penambangan, yaitu terdiri dari :
    - daratan (on shore).
    - perairan (off shore).

  • Bumi yang dimanfaatkan untuk penambangan Minyak dan Gas Bumi dalam tahap eksploitasi/penambangan tetapi belum dilaksanakan penambangannya (tanah Non Producing Open), dan tanah/perairan yang telah selesai ditambang dan untuk sementara ditinggalkan atau tutup (non Producing Plug/abandon)

  • Perairan yang dimanfaatkan untuk tujuan yang sama.

-

Tanah tidak produktif, meliputi :
Tanah emplasemen, yaitu tanah yang diatasnya terdapat bangunan-bangunan dan pekarangan, nilai jualnya ditentukan berdasarkan klasifikasi yang ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak.

 

Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis tanah pertambangan energi panas dan bumi !

B.   PERTAMBANGAN ENERGI PANAS BUMI

  • Tanah produktif, adalah bumi yang dimanfaatkan pada tahap eksploitasi/penambangan, nilai jualnya ditetapkan sama dengan nilai kapitalisasi obyek pajak yaitu 9,5 kali harga jual hasil tambang di mulut tambang (ROM) dalam satu tahun sebelum tahun pajak yang bersangkutan.

  • Tanah belum produktif, meliputi :
    Tanah yang dikuasai dan atau dimanfaatkan dalam tahap kegiatan penambangan terdiri dari :

    =

    Tanah/perairan Penyelidikan umum, yaitu areal di dalam Wilayah Kuasa Pertambangan (WKP) yang akan/sedang dilaksanakan penyelidikan secara geologi umum atau geofisika di daratan, perairan atau dari udara.

    =

    Tanah/perairan Eksploitasi, yaitu tanah/perairan di dalam Wilayah Kuasa Pertambangan (WKP) yang diperkirakan mengandung bahan galian dan karenanya perlu diteliti/diselidiki secara geologi pertambangan guna menetapkan lebih teliti/seksama jumlah cadangan, kadar, dan sifat bahan galian.

    =

    Tanah/perairan fasilitas eksploitasi, yaitu tanah/perairan yang dipergunakan untuk membangun saranad an prasarana yang berhubungan langsung dengan kegiatan penambangan.

    =

    Bumi yang dipergunakan untuk cadangan tambang, yaitu Bumi yang selesai dieksploitasi dan sewaktu-waktu siap untuk ditambang.

  • Tanah tidak produktif, meliputi :

    =

    Tanah Kosong (tidak termasuk tanah kosong yang dilakukan penyelidikan umum, eksplorasi, penambangan, tanah pengamanan dan tanah emplasemen).

    =

    Tanah pengamanan, yaitu tanah yang disediakan/berfungsi untuk pengamanan.

    =

     Tanah emplasemen, yaitu tanah yang diatasnya terdapat bangunan-bangunan dan pekarangan.

 

 

C.  B A N G U N A N

  1. Bangunan, termasuk jalan lingkungan yang dipergunakan oleh perseorangan dan atau badan.
  2. Silo, Kilang dan lain sebagainya.

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 7932 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :