Rabu, 17 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Koreksi atas perbedaan antara objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) pada general ledger dengan objek yang ada pada Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2)

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.02369/PP/M.VII/25/2004

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Pasal 4 Ayat (2)

Tahun Pajak

:

1997

Pokok Sengketa

:

Koreksi atas perbedaan antara objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) pada general ledger dengan objek yang ada pada Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2)

Menurut Terbanding

:

Melakukan koreksi dengan membandingkan objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) yang ada pada general ledger lalu mengkonversikan ke rupiah dengan menggunakan kurs KMK, dengan demikian ditemukan perbedaan antara objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) yang tercatat pada general ledger dengan objek yang ada pada Surat Pemberitahuan Masa Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2).

Atas perbedaan tersebut dianggap Pemohon kurang melaporkan objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2) sebesar Rp353.614.840,00.

Menurut Pemohon

:

Telah memperoleh izin untuk menggunakan bahasa Inggris dan penggunaan mata uang US$ untuk tujuan pembukuan, dengan demikian semua transaksi yang terjadi dikonversi ke dalam mata uang US$ dengan menggunakan kurs internal Pemohon termasuk tagihan atas pembayaran sewa.

Pada tahun 1996 membayar sewa di muka sebesar US$ 8,099.14 dan atas sewa ini dibukukan sebagai biaya sewa dibayar di muka, sehingga untuk tahun 1997 Pemohon mengamortisasikan biaya sewa dibayar di muka sebesar US$ 8,099.14 yang dicatat sebagai biaya sewa. Atas Pajak Penghasilan terutang atas seluruh sewa tersebut di atas telah dilaporkan pada Surat Pemberitahuan Masa Oktober 1996 dan Desember 1996.

Selain pembayaran sewa di atas, Pemohon juga melakukan pembayaran biaya hotel sebesar US$ 34,984.16 untuk tamu Pemohon yang menginap di hotel (di Batam), adapun pembayaran ke hotel tersebut dibukukan pada pos “Staff House Rent” karena tidak memiliki pos sewa hotel pada buku besar.

Sesuai dengan Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1996 menyatakan bahwa “atas persewaan tanah dan/atau bangunan berupa tanah, rumah, rumah susun, apartemen, kondominium, gedung perkantoran, rumah kantor, rumah toko, gudang dan industri, wajib dibayar Pajak Penghasilannya”. Berdasarkan Pasal 1 Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1996 pembayaran hotel bukan merupakan objek pajak, sehingga atas biaya hotel sebesar US$ 34,984.16 bukan merupakan objek pajak.

Pendapat Majelis

:

Mekanisme yang digunakan Pemohon dalam pembayaran pajak untuk transaksi yang menggunakan mata uang lain selain US$ sudah benar, yaitu degan langsung mengkonversikan ke mata uang rupiah untuk menghitung besarnya pajak yang terutang dan untuk keperluan pembukuan baru dikonversikan ke mata uang US$ sesuai dengan pembukuan yang digunakan Pemohon.

Pemohon dalam persidangan menyampaikan bukti-bukti berkaitan dengan koreksi berupa bukti potong Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2), general ledger, invoice dan bukti pembayaran dari Hotel Puri Garden.

Terbanding telah memeriksa bukti-bukti yang disampaikan Pemohon tersebut di atas dan menyerahkan keputusannya kepada Majelis untuk menilai bukti-bukti tersebut.

Majelis telah memeriksa bukti-bukti yang disampaikan Pemohon tersebut dan berpendapat bahwa atas pembayaran sewa dibayar di muka telah dibayar pajaknya pada tahun 1996 dan pengeluaran sebesar US$ 34,984.16 yang terdapat dalam account Staff House Rent adalah benar merupakan pembayaran hotel yang sesuai ketentuan peraturan perpajakan tidak terutang Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2).

Majelis juga telah meneliti Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Badan Pemohon dan terbukti bahwa dalam menghitung Pajak Penghasilan Badan atas account Staff House Rent yang semula dibiayakan Pemohon ternyata telah dikoreksi Terbanding.

Berdasarkan uraian di atas, Majelis berkesimpulan bahwa tidak terdapat cukup alasan untuk mempertahankan koreksi Terbanding atas objek Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat (2), sehingga koreksi harus dibatalkan.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 4027 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :