Senin, 22 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Koreksi penghasilan pegawai tidak tetap karena ada pembayaran pekerjaan yang dilakukan secara kontrak

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.02625/BPSP/M.VI/10/2000

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Pasal 21

Tahun Pajak

:

1997

Pokok Sengketa

:

Koreksi penghasilan pegawai tidak tetap karena ada pembayaran pekerjaan yang dilakukan secara kontrak

Menurut Terbanding

:

Koreksi dilakukan karena adanya gaji/upah/tunjangan yang dibayarkan Pemohon kepada perorangan atas berbagai pekerjaan penyiapan lahan yang dilakukan secara kontrak dalam tahun 1997 yang belum dipungut/dipotong/dilaporkan tahun 1997.

Menurut Pemohon

:

Pemohon dalam pembayaran upah tenaga kerja tidak tetap untuk pekerjaan yang dilakukan oleh beberapa orang dilakukan dengan cara dibayarkan kepada salah seorang tenaga kerja yang bertanggung jawab atas beberapa orang tenaga kerja lainnya yang diistilahkan sebagai kontraktor kacangan.

Upah tenaga kerja tidak tetap yang Pemohon bayarkan tersebut seluruhnya masih dibawah PTKP.

Pendapat Majelis

:

Berdasarkan bukti-bukti berupa pencatatan pembayaran upah tenaga kerja tidak tetap dalam tahun 1997 yang diperlihatkan dalam sidang, terbukti bahwa Pemohon dalam pembayaran upah tenaga kerja tidak tetap dilakukan dengan cara dibayarkan kepada salah seorang tenaga kerja yang bertanggung jawab atas beberapa orang tenaga kerja lainnya dan atas upah yang dibayarkan tersebut masih di bawah PTKP.

Berdasarkan keterangan dan pencocokan data yang dilakukan dalam persidangan, Terbanding dapat menerima sanggahan Pemohon.

Berdasarkan bukti berupa SPT Tahunan PPh Pasal 21 Tahun Pajak 1997, terbukti bahwa atas pembayaran upah tenaga kerja tersebut telah dilaporkan oleh Pemohon.

Oleh karenanya tidak terdapat alasan yang cukup untuk mempertahankan koreksi Terbanding atas penghasilan pegawai tidak tetap.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2374 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :