Jumat, 18 Oktober 2019  

Belajar Perpajakan

Put.01135/PP/M.III/15/2003

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.01135/PP/M.III/15/2003

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Badan

Tahun Pajak

:

1997

Pokok Sengketa

:

Koreksi Positif atas Peredaran Usaha Berasal dari Mutasi Debit Buku Besar

Menurut Terbanding

:

Terbanding menganggap seluruh mutasi debet dalam buku kas besar sebagai penerimaan penjualan. Terbanding mengasumsikan buku kas besar Pemohon sebagai buku piutang, hal ini disebabkan karena apabila saldo akhir buku kas besar positif (debit), maka Pemohon menetapkan sebagai piutang dalam neraca, sedangkan bila saldo akhir buku kas besar negatif (kredit), maka Pemohon menetapkan sebagai utang dalam neraca, sehingga Terbanding menyimpulkan bahwa seluruh transaksi debit pada buku kas besar merupakan transaksi piutang yang selanjutnya dianggap sebagai transaksi penjualan.

Yang diserahkan Pemohon pada saat pemeriksaan hanya buku kas saja dan tidak ada pemisahan pembukuan antara transaksi yang bersifat pribadi dan pembukuan perusahaan, sehingga Terbanding menghitung seluruh uang yang masuk merupakan penjualan (pada sisi debet), sedangkan seluruh uang yang keluar adalah HPP dan biaya (pada sisi kredit). Selanjutnya Terbanding menyerahkan bukti tanda terima peminjaman dokumen pada saat pemeriksaan kepada Majelis.

Menurut Pemohon

:

Buku kas besar tidak seluruhnya ada hubungan dengan penjualan karena seluruh hasil penjualan baik yang dibayar melalui kas, dengan cek tunai maupun cek giro telah dicatat dalam buku penjualan.

Dengan koreksi peredaran usaha sebesar Rp x berarti penghasilan neto sebesar 84% suatu persentase keuntungan yang di luar logika usaha. Pemohon dapat membuktikan bahwa penerimaan penjualan adalah sejumlah yang telah dilaporkan Pemohon .

Kuasa Hukum Pemohon dalam persidangan mengemukakan bahwa pembukuan Pemohon untuk tahun 1997 memang masih sederhana, namun sudah terdapat buku kas, buku pembelian dan buku penjualan, sedangkan pembukuan yang digabung adalah buku hutang dan piutang. Meskipun demikian, semua transaksi penjualan/pembelian, hutang/piutang sudah dicatat Pemohon dan pembukuan tersebut masih dapat ditelusuri. Kuasa Hukum Pemohon telah membuat rekapitulasi pembayaran dari penjualan Periode 1 Januari sampai dengan Desember 1997 dan penjelasan penerimaan kas besar dan piutang/penjualan tahun 1997&1998. Selanjutnya Kuasa Hukum Pemohon menyerahkan dokumen-dokumen tersebut kepada Majelis.

Pendapat Majelis

:

Berdasarkan penelitian Majelis atas buku dan dokumen yang ditunjukkan Kuasa Hukum Pemohon, buku dan dokumen yang diserahkan Pemohon pada saat pemeriksaan pajak tidak hanya buku kas saja, melainkan buku kas, buku kas ditangan, buku bank, buku penjualan, buku pembelian dan dokumen pendukungnya.

Kuasa Hukum Pemohon dalam persidangan menyerahkan data tambahan berupa kas bank (tabelaris) yang menunjukkan rincian mutasi Kas.

Terbanding dalam persidangan mengemukakan bahwa secara umum dapat menerima bukti Pemohon, namun masih terdapat pengeluaran yang tidak ada bukti eksternalnya, meskipun ada bukti internalnya yaitu pada kas besar ada tanda terimanya. Atas pernyataan Terbanding tersebut Kuasa Hukum Pemohon menyatakan keberatan atas pendapat Terbanding tersebut, karena kas besar berasal dari kas kecil, sehingga tidak ada bukti eksternalnya, namun demikian masih terdapat tanda tangannya.

Berdasarkan penelitian Majelis atas data dan keterangan yang ada di dalam berkas banding serta pemeriksaan dalam persidangan, Majelis berkesimpulan bahwa terdapat cukup bukti bagi Majelis bahwa semua peredaran usaha Pemohon Tahun Pajak 1997 sudah didukung oleh bukti-bukti yang dapat meyakinkan Majelis. Dengan demikian koreksi positif Terbanding atas peredaran usaha Pemohon tidak mempunyai dasar dan alasan yang kuat sehingga tidak dapat dipertahankan.

Atas hasil pemeriksaan dalam persidangan, Majelis berkesimpulan untuk mengabulkan seluruh permohonan banding Pemohon.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2178 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :