Senin, 22 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Put.01568/PP/M.VII/13/2003

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor  :  Put.01568/PP/M.VII/13/2003

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Pasal 26

 

 

 

Tahun Pajak

:

2000

 

 

 

Pokok Sengketa

:

Koreksi objek Pajak Penghasilan Pasal 26 atas pembayaran bunga pinjaman

 

 

 

Menurut Terbanding

:

Koreksi atas objek Pajak Pajak Penghasilan Pasal 26, karena berdasarkan pemeriksaan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Pasal 26 Tahun 2000, dalam lampiran laba rugi terdapat biaya financial sebesar Rp2.489.900.573,00, dimana biaya financial tersebut merupakan pembayaran bunga pinjaman kepada Rabo Bank Singapore yang merupakan objek pajak Pajak Penghasilan Pasal 26 yang belum dipotong oleh Pemohon.

 

 

 

Menurut Pemohon

:

Pemohon tidak melakukan transaksi dengan pihak luar negeri, dimana dalam operasinya Pemohon hanya bergerak di bidang perkebunan dengan produksi tandan buah segar (TBS), sehingga tidak mungkin ada pembayaran jasa ke luar negeri.

 

Sesuai dengan kasus yang sama pada Pemohon untuk tahun 1997 dan 1998, transaksi dengan PT Bank Rabobank International Indonesia (dahulu bernama PT Rabobank Duta Indonesia) bukanlah objek Pajak Penghasilan Pasal 26, sesuai dengan Keputusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.0751/PP/A/M.II/13/2003 tanggal 17 Januari 2003 dan Keputusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.0749/PP/A/M.II/13/2003 tanggal 17 Januari 2003.

 

 

 

Pendapat Majelis

:

Pada persidangan, Pemohon menyampaikan bukti berupa Perjanjian Kredit antara Pemohon dengan PT Rabobank Duta Indonesia dan Surat Keterangan dari PT Bank Rabobank International Indonesia (d/h. PT Rabobank Duta Indonesia).

 

Majelis meminta Terbanding untuk memeriksa bukti-bukti yang disampaikan oleh Pemohon tersebut, dan setelah memeriksa data-data dan bukti-bukti pendukung yang disampaikan oleh Pemohon berupa bukti Perjanjian Kredit antara Pemohon dengan PT Rabobank Duta Indonesia dan Surat Keterangan dari PT Bank Rabobank International Indonesia (d/h. PT Rabobank Duta Indonesia), Terbanding menyatakan bahwa pembayaran bunga memang dilakukan kepada PT Rabobank Duta Indonesia dan tidak terutang Pajak Penghasilan Pasal 26.

 

Berdasarkan bukti-bukti yang disampaikan oleh Pemohon tersebut, Terbanding dapat mengakui bahwa pembayaran bunga tersebut dibayarkan kepada Wajib Pajak dalam negeri dan tidak seharusnya dipotong Pajak Penghasilan Pasal 26.

 

Berdasarkan uraian tersebut, Majelis berkesimpulan bahwa koreksi Terbanding atas objek Pajak Pajak Penghasilan Pasal 26 berupa pembayaran bunga pinjaman harus dibatalkan.

 

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2690 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :