Senin, 22 Juli 2019  

Belajar Perpajakan

Put.02407/PP/M.VII/13/2004

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor  :  Put.02407/PP/M.VII/13/2004

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Pasal 26

 

 

 

Tahun Pajak

:

2001

 

 

 

Pokok Sengketa

:

Koreksi objek PPh Pasal 26 karena pembayaran bunga pinjaman luar negeri (pemegang saham)

 

 

 

Menurut Terbanding

:

Koreksi sebesar Rp1.486.469.395,00 dilakukan karena merupakan bunga pinjaman luar negeri (pemegang saham) yang belum dipotong dan/atau disetor serta dilaporkan Pemohon selama masa Januari sampai dengan September 2001.

 

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor : SE-03/PJ.22/1989, objek bunga pinjaman luar negeri dikenakan tarif 11,1% yang merupakan gross up dari tarif 10% sesuai ketentuan Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda antara Republik  Indonesia – Singapura.

 

 

 

Menurut Pemohon

:

Koreksi objek Pajak Penghasilan Pasal 26 tersebut merupakan beban bunga pinjaman luar negeri kepada pemegang saham (Seajak Pte. Ltd. Singapura) yang belum dipotong Pajak Penghasilan Pasal 26 sebesar 11,1% sesuai dengan Perjanjian Penghindaran Pajak Berganda antara Republik  Indonesia – Singapura, tarif tersebut merupakan gross up dari tarif 10% karena dalam Shareholder Loan Agreement ditetapkan bahwa debitur (Pemohon) menanggung semua beban pajak.

 

Dalam surat perjanjian pinjaman pemegang saham (shareholder loan agreement) antara pemegang saham Seajak Pte. Ltd. antara lain ditetapkan bahwa atas pinjaman kepada Seajak Pte. Ltd. dikenaka bunga pinjaman sebesar base rate +5% per tahun, perjanjian pinjaman pemegang saham juga menetapkan bahwa semua pajak dan biaya-biaya yang timbul dari perjanjian tersebut ditanggung oleh peminjam (Pemohon).

 

Selain mempunyai hutang dengan pemegang saham asing, Pemohon juga mempunyai hutang dengan pemegang saham lainnya dari Indonesia, sehubungan dengan pinjaman kepada pemegang saham tersebut Pemohon dan seluruh pemegang saham, telah membuat suatu perjanjian restrukturisasi pinjaman pemegang saham antara lain menetapkan bahwa tingkat suku bunga pinjaman kepada pemegang saham sejak 1 Juli 2001 adalah SIBOR + 5%, SIBOR pada bulan Juli sampai dengan bulan September 2001 adalah sebesar 2.59967% sehingga tingkat suku bunga pinjaman yang berlaku untuk bulan Juli sampai dengan September adalah 4.0966%.

 

Sebelum ditandatangani perjanjian restrukturisasi pinjaman pemegang saham, bunga pinjaman kepada pemegang saham yang telah diakui untuk periode Januari – September 2001 adalah sebesar Rp11.341.641.778,00 yang dihitung dengan menggunakan tingkat bunga 7%.

 

Dari biaya bunga  tersebut, sejumlah Rp.3.641.437.234,00 merupakan biaya bunga yang diakui untuk bulan Juli sampai dengan September 2001 yang menggunakan suku bunga 7%, dengan adanya perubahan tingkat bunga sejak Juli 2001 dilakukan koreksi pencatatan biaya bunga dengan menggunakan tingkat bunga sebesar 4.0966% (SIBOR + 1,5%)

 

 

 

Pendapat Majelis

:

Dalam persidangan Pemohon menyampaikan fotokopi surat persetujuan perubahan tingkat suku bunga dari pemegang saham antara lain menyatakan bahwa Seajak Pte. Ltd. dan Pemohon sepakat mulai 1 Juli 2001 tingkat suku bunga menjadi The Base Rate (SIBOR) ditambah 1,5%.

 

Dengan Surat Nomor : 001/PJK-LMIR/II/2004, menyatakan bahwa Pemohon tidak dapat menemukan asli dokumen tersebut di atas, sehingga Pemohon meminta penandatangan surat persetujuan perubahan tingkat suku bunga dari pemegang saham untuk melegalisasi fotokopi surat persetujuan tersebut.

 

Dalam persidangan Terbanding menyatakan dapat menerima bukti yang diserahkan Pemohon berupa fotokopi surat persetujuan perubahan tingkat suku bunga dari pemegang saham yang telah dilegalisasi oleh penandatangan.

 

Oleh karena Pemohon telah dapat menunjukkan surat persetujuan perubahan tingkat suku bunga dari pemegang saham dan Terbanding dapat menerima bukti tersebut, maka Majelis berkesimpulan bahwa koreksi Terbanding atas bunga pinjaman (pemegang saham), tidak dapat dipertahankan.

 

 

 

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2733 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :